Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 12/02/2020 08:52 WIB

Pekerja China di Meikarta 'Overstay' Akibat Penerbangan Ditutup

Proyek Meikarta
Proyek Meikarta
CIKARANG, DAKTA.COM - Pekerja asing dari China pemegang visa bisnis yang bekerja di proyek pembangunan Meikarta overstay atau melebihi masa izin tinggal yang dimiliki. Mereka tidak bisa pulang ke negaranya karena penerbangan ditutup, akibat wabah virus corona.
 
Direktur Komunikasi PT Lippo, Danang Kemayan Jati mengaku, beberapa pekerja asing visanya merupakan visa bisnis, dan hanya berlaku tiga minggu karena mereka bekerja sebagai tenaga ahli spesialis dan supervisi pengamanan gedung.
 
"Sejauh ini sudah ada yang overstay dan tidak bisa pulang karena penerbangan ke negaranya ditutup," ucapnya.
 
Danang mengatakan, secara total jumlah tenaga kerja asing dari China untuk PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) selaku developer Meikarta hanya ada delapan orang, sementara untuk tenaga kerja asing pelaksana pembangunan, China Construction ada 86 orang.
 
"China Construction memiliki 12 sub kontraktor, dengan pekerja asing lebih dari 5000 orang. Seluruh pekerja terdaftar di imigrasi dan memiliki izin," ujarnya di Cikarang, Selasa (11/2).
 
Terkait kekhawatiran adanya pekerja asing yang terinfeksi virus corona, Danang menyebut mereka seluruhnya sehat, desakan untuk memeriksa pemeriksaan juga akan dilakukan oleh perusahaannya.
 
"Sementara itu, adanya pekerja asing yang ditemukan meninggal di proyek Meikarta juga bukan karena virus vorona, berdasarkan penyelidikan dari kepolisian, pekerja asing yang meninggal itu dikarenakan murni kecelakaan kerja," jelasnya. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 863 Kali
Berita Terkait

0 Comments