Nasional /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 11/02/2020 16:58 WIB

Mahfud: Ada Alternatif Pemulangan Eks ISIS

Menkopolhukam Mahfud MD
Menkopolhukam Mahfud MD
JAKARTA, DAKTA.COM - Menkopolhukam Mahfud MD mengaku ada beberapa alternatif terkait wacana pemulangan WNI yang tergabung dalam kelompok ISIS. 
 
Usai mengadakan rapat internal bersama beberapa kementerian terkait pada Selasa (11/2) pagi tadi, Mahfud mengaku telah menerima sejumlah masukan dari berbagai tokoh tentang pandangan mereka atas wacana pemulangan WNI yang tergabung ISIS. 
 
"Komnas HAM mengatakan itu tugas negara untuk memulangkan mereka. Tapi, ada yang mengatakan, 'enggak bisa dong masa melindungi segelintir orang tapi mengancam 267 juta orang'. Kayak gitu-gitu diskusinya tadi," ujar Mahfud.
 
Namun saat ditanya lebih lanjut, Mahfud mengatakan akan berdiskusi terlebih dahulu dengan Presiden Jokowi dalam rapat kabinet hari ini.
 
"Kita sudah membuat alternatif-alternatif yang nanti siang akan dilaporkan ke Presiden," imbuhnya. 
 
Sekitar 600 WNI mantan simpatisan ISIS dikabarkan ingin dipulangkan kembali ke Indonesia. BNPT menyebut mayoritas dari mereka adalah perempuan dan anak-anak. 
 
Sejauh ini, perlu tidaknya pemerintah memulangkan WNI eks ISIS telah menjadi pembicaraan publik. Tokoh-tokoh nasional pun angkat suara dan tak sedikit yang berbeda pendapat. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 380 Kali
Berita Terkait

0 Comments