Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 07/02/2020 11:48 WIB

Pemerintah Disarankan Alihkan Kerja Sama Dagang dari China

Ilustrasi aktivitas pelabuhan ekspor impor
Ilustrasi aktivitas pelabuhan ekspor impor
JAKARTA, DAKTA.COM - Ekonom INDEF Abdul Manap Pulungan menyarankan agar kerja sama impor dengan China dialihkan ke negara lain selama dampak virus corona. 
 
"Tidak terlalu signifikan tapi ini dikhawatirkan akan menghambat sejumlah sektor, karena ekspor kita 15% ke China, impor malah hingga 30%," ujar Manap di Jakarta, Jumat (7/2). 
 
Oleh karena itu, Manap menyarankan agar kerja sama perdagangan tersebut dialihkan ke negara lain, salah satunya adalah Vietnam yang mempunyai nilai jual yang lebih rendah.
 
"Makanya saya sarankan coba ke Vietnam, kan di sana baik-baik saja. Malah kabarnya harga di Vietnam itu lebih murah dari China," imbuhnya. 
 
Wabah virus Corona yang berasal dari Kota Wuhan di China, membuat pemerintah telah mengambil kebijakan untuk melindungi masyarakat dari virus tersebut. 
 
Salah satunya adalah kebijakan dari Kemendag yang menghentikan sementara impor produk dari China sehingga menyebabkan beberapa harga kebutuhan pokok yang bergantung dari impor China melambung seperti bawang putih. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 522 Kali
Berita Terkait

0 Comments