Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 04/02/2020 09:20 WIB

DPR Minta Pemerintah Jamin Kesehatan Warga Natuna dari Corona

WNI dari Wuhan, China tiba di Batam sebelum melanjutkan penerbangan ke Natuna (ANTARA)
WNI dari Wuhan, China tiba di Batam sebelum melanjutkan penerbangan ke Natuna (ANTARA)
JAKARTA, DAKTA.COM - Anggota Komisi IX Fraksi PKS DPR RI, Kurniasih Mufidayati mengapresiasi langkah pemerintah mengevakuasi WNI dari episentrum wabah virus corona di Wuhan dan sekitarnya di Tiongkok. Kendati begitu, pemerintah dinilai lemah dalam berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Natuna yang mengkhawatirkan warganya terdampak virus corona.
 
Hal ini disampaikan Mufida dalam Rapat Dengar pendapat (RDP) dengan Menteri Kesehatan terkait wabah virus corona yang telah ditetapkan WHO sebagai wabah global, Senin (3/2).
 
Meski menilai pemerintah lambat memutuskan dibanding negara lain dalam mengevakuasi warganya dari Wuhan, menurut Mufida, pemerintah tetap perlu diapresiasi. Namun, yang disayangkan adalah penempatan para WNI yang dievakuasi di Natuna untuk menjalani observasi selama 14 hari, tidak dilakukan dengan koordinasi yang memadai dengan pemerintah daerah setempat.
 
Walaupun, WNI yang baru dievakuasi dari Wuhan sudah dinyatakan lolos screening sebelum terbang kembali ke Indonesia, tetapi tetap harus diisolasi selama periode inkubasi untuk memastikan mereka bebas dari virus corona.
 
“Jika dilakukan koordinasi sejak awal dengan baik, pelibatan kepala daerah dan para tokoh masyarakat setempat serta sosialisasi kepada warga Natuna, maka keresahan masyarakat setempat tak perlu terjadi,” tandas anggota DPR asal Dapil DKI Jakarta 2 yang meliputi Jaksel, Jakpus dan Luar Negeri ini.
 
Mufida mengaku bisa memahami kecemasan warga Natuna mengingat dampak virus corona yang mendunia. Jika warga melalui Pemda setempat, diberi pemahaman yang memadai sebelumnya, tentu tak perlu terjadi gejolak.
 
Karena itu, Mufida mengingatkan agar pemerintah dapat memberi jaminan kesehatan bagi masyarakat di Natuna dalam arti mereka tidak tertular virus corona yang dikhawatirkan terbawa oleh WNI yang dievakuasi dari Wuhan.
 
“Pemerintah perlu secara memadai melakukan upaya-upaya perlindungan kepada warga Natuna terutama yang terdekat dari lokasi karantina WNI dari Wuhan,” tegas Mufida.
 
Pihaknya meminta ada langkah kongkrit yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat dalam memberikan perlindungan dan memastikan masyarakat di Natuna sehat semuanya.
 
“Warga Natuna juga perlu terus dipantau kondisi kesehatannya dan diberikan sosialisasi dan pemahaman yang baik tentang upaya untuk mecegah diri tertular virus corona,” pungkas Mufida. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1428 Kali
Berita Terkait

0 Comments