Harokah Islamiyah /
Follow daktacom Like Like
Senin, 03/02/2020 13:25 WIB

Keharusan Seorang Lelaki Shalat Berjemaah di Masjid

Ilustrasi shalat berjamaah
Ilustrasi shalat berjamaah
DAKTA.COM - Rasulullah SAW memerintahkan kaum muslimin laki-laki untuk shalat berjemaah di masjid.
 
Saking mulianya melaksanakan shalat berjemaah di masjid, Rasulullah SAW sampai membandingkan kadar pahala antara shalat di rumah dengan shalat berjemaah di masjid.
 
Dari Sahabat Ibnu ‘Umar Radhiyallahu anhuma, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Shalat berjama’ah itu lebih utama 27 (dua puluh tujuh) derajat daripada shalat sendirian."
 
Lalu apakah berdosa jika meninggalkan shalat berjemaah di masjid?
 
Rasulullah SAW mempertegas hal itu dalam sebuah hadist yang berisi ancaman bagi seorang laki-laki yang tidak ikut shalat berjemaah di masjid.
 
Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu yang diriwayatkan dalam shahih al-Bukhari, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Demi Zat yang jiwaku ada ditangan-Nya, sungguh aku ingin memerintahkan untuk mengumpulkan kayu bakar lalu terkumpul, kemudian memerintahkan untuk shalat dan dikumandangkan azan. Kemudian aku perintah seseorang untuk mengimami shalat, lalu aku pergi melihat orang-orang dan membakar rumah-rumah mereka.” (Hr. Bukhari)
 
Sementara itu, Imam Syafi'i rahimakumullah menyatakan shalat di masjid bagi laki-laki hukumnya sunnah muakkadah. Artinya, sunnah yang sangat ditekankan. Kalau tidak ada uzur (halangan) maka diwajibkan untuk shalat di masjid. 
 
Menurut jumhur ulama, jika ada hadist syar'i yang berisi ancaman dalam hal ini Rasulullah SAW mengancam akan membakar rumah mereka, maka dosa besar jika ditinggalkan.
 
Oleh karena itu, bagi kaum muslimin laki-laki disarankan untuk shalat lima waktu di masjid. Mengingat pahalanya dan manfaatnya lebih besar. Wallahu a'lam bissowab.
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 2686 Kali
Berita Terkait

0 Comments