Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 02/02/2020 11:41 WIB

Konsumsi 5 Buah Ini Bisa Membantu Perlancar BAB

Ilustrasi buah buahan
Ilustrasi buah buahan
DAKTA.COM - Masalah perut dan pencernaan bisa sangat mengganggu, apalagi jika membuatmu sampai sulit buang air besar (BAB). Biasanya disebabkan oleh kebiasaan makan yang buruk, terutama konsumsi makanan yang sedikit serat.
 
Gangguan pencernaan bisa menyebabkan kembung, mulas, mual, muntah dan juga uring-uringan. Ada banyak hal yang bisa membantu memperlancar BAB secara alami, salah satunya dengan makan buah kaya serat.
 
Kamu bisa memakan buah ini apa adanya, dijadikan salad, smoothie, atau jus. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari NDTV Food:
 
1. Apel
 
Satu buah apel bisa membantu pencernaanmu lebih baik. Apel tinggi akan serat pectin yang bisa meredakan sembelit dan diarea, tergantung dari apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Pectin membantu memperbaiki pencernaan karena bisa terserap secara alami dan mampu mengikat kolesterol serta racun di dalam tubuh yang lalu dikeluarkan.
 
2. Kiwi
 
Mengonsumsi buah kiwi dapat membantu memperlancar pencernaan. Kiwi hijau mengandung enzim yang disebut actinidin yang bisa meningkatkan pencernaan protein. Kiwi juga mengandung efek laksatif sedang karena kandungan seratnya yang tinggi. Menurut buku 'Healing Foods' yang diterbitkan oleh DK publishing, konsumsi dua buah kiwi dapat memberimu 20 persen rekomendasi harian dari serat, yang membantu pencernaan dan kesehatan usus.
 
3. Pisang
 
Kandungan seratnya yang tinggi bisa memperbaiki kesehatan usus dan mempercepat proses pencernaan. Dalam buku 'Healing Foods' disebutkan pisang memiliki efek antacid yang bisa melindungi perut dari borok yang bisa bertumbuh di dinding usus dan menyingkirkan bakteri yang menyebabkannya. Antacid juga baik untuk meredakan heartburn atau mulas.
 
4. Jambu merah
 
Jambu merah bisa menjadi solusi dari berbagai macam masalah perut, sebab buah ini menjadi salah satu sumber serat yang banyak. Faktanya dibandingkan dengan buah lain, hanya dalam satu buah jambu merah bisa memenuhi 12 persen rekomendasi harian dari serat, yang sangat baik untuk kesehatan pencernaanmu.
 
5. Mangga
 
Buah mangga mengandung enzim yang bisa membantu pencernaan dan proses pencernaan protein, dan juga serat, yang bisa memperlancar aliran makanan dan kotoran melalui saluran pencernaan. Manfaat jangka panjang dari serat diet termasuk menurunkan risiko terkena kanker usus, penyakit jantung dan diabetes tipe 2. **
Editor :
Sumber : health.detik.com
- Dilihat 1748 Kali
Berita Terkait

0 Comments