Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 02/02/2020 09:45 WIB

Relawan Bangun 12 MCK di Wilayah Terdampak Longsor

ARM HA-IPB bersama WMI membangun 12 bilik MCK di Desa Cileuksa, Kabupaten Bogor
ARM HA-IPB bersama WMI membangun 12 bilik MCK di Desa Cileuksa, Kabupaten Bogor
BOGOR, DAKTA.COM - Himpunan Alumni IPB (HA-IPB) melalui badan otonomnya Aksi Relawan Mandiri (ARM) memulai pembangunan 12 bilik mandi, cuci, kakus (MCK) komunitas (community latrines) bagi warga Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, yang terdampak longsor di awal tahun 2020 lalu. Bantuan ini merupakan kontribusi dari para alumni IPB di seluruh Indonesia yang disalurkan melalui ARM HA-IPB. 
 
Untuk membangun unit MCK tersebut, ARM HA-IPB menggandeng LSM Wahana Muda Indonesia (WMI) yang aktif bergiat di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten sejak awal tahun ini. Satu bangunan MCK dibangun dengan waktu kurang lebih satu minggu. 
 
Konsep MCK itu terdiri atas empat bangunan yang masing-masing terdiri atas tiga bilik. Relawan ARM, WMI, dan masyarakat Desa Cileuksa bersama-sama membangun MCK yang nantinya dapat digunakan memenuhi kebutuhan air dan sanitasi mereka sehari-hari pasca bencana longsor. 
 
“Dua belas bilik ini dibangun di 2 lokasi, yakni Dusun Cipugur dan Cileuksa Kaler di Cileuksa, desa yang paling parah terdampak longsor dan sempat terisolasi selama dua minggu,” kata Sekretaris Jenderal ARM HA-IPB, Ir. Agus Rusli, di sela-sela peletakan batu pertama pembangunan MCK pada Sabtu (1/2).  
 
Jika semuanya selesai, fasilitas MCK ini dapat dinikmati tak kurang dari 300 warga setempat. Jumlah pengungsi akibat longsor di Desa Cileuksa sendiri diperkirakan berjumlah 3.000 lebih.
 
"Kegiatan ini merupakan bagian dari Aksi Solidaritas Alumni IPB untuk Korban Banjir (SAIBAN) tahap ketiga. Tahap pertama ARM terjun ke kawasan terdampak banjir di Jabodetabek. Adapun di tahap dua relawan ARM menyalurkan bantuan di kawasan terdampak longsor Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya serta dua desa terkena banjir bandang di Kecamatan Jasinga yaitu, Desa Kalong Sawah serta Sipak," jelasnya. **

 

Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 509 Kali
Berita Terkait

0 Comments