Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 28/01/2020 15:43 WIB

MUI Dorong Pemerintah Antisipasi Dampak Ekonomi Akibat Corona

Petugas medis menangani pasien yang diduga terinfeksi virus corona di Wuhan (ANTARA)
Petugas medis menangani pasien yang diduga terinfeksi virus corona di Wuhan (ANTARA)
JAKARTA, DAKTA.COM - Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas mendorong pemerintah agar bisa mengantisipasi gangguan ekonomi global akibat wabah virus corona.
 
"Ini penting dilakukan agar dampak ekonomi dari kehadiran virus corona ini bisa diminimalisasi. Untuk itu kerjasama yang baik antara pihak  pemerintah, dunia usaha, media, dan masyarakat jelas sangat diharapkan," ucapnya dalam keterangan tulisnya kepada Dakta, Selasa (28/1).
 
Lebih lanjut, ia menerangkan, virus corona tidak hanya berdampak terhadap kesehatan tetapi juga berdampak kepada kehidupan ekonomi global karena negara-negara lain di dunia akan takut membeli barang-barang dari China karena dikhawatirkan akan membawa serta virus yang ditakuti tersebut ke negara yang bersangkutan. 
 
"Akibatnya, produksi dalam negeri China akan menurun dan permintaan China terhadap bahan baku yang selama ini mereka impor dari negara lain tentu akan menurun pula dan hal ini tentu akan sangat memukul negara-negara lain yang telah menjadi mitra dagang China selama ini termasuk indonesia," jelasnya.
 
Selain itu, katanya, banyak negara termasuk Indonesia tentu akan sangat berhati-hati dan waspada terhadap para turis yang datang dari China.
 
Bahkan ada daerah yang sudah meminta para turis dari negeri China untuk sesegera mungkin meninggalkan daerah mereka, karena takut akan membawa virus tersebut ke dalam negeri. 
 
"Hal itu tentu akan sangat merugikan karena akan  mengurangi pendapatan pemerintah dan masyarakat dan akan sangat mengganggu kehidupan ekonomi nasional," katanya.
 
Untuk itu Pemerintah Indonesia diharapkan bisa mengantisipasi gangguan ekonomi dan mencarikan solusi agar pengusaha dalam negeri tidak terlalu terpukul. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 696 Kali
Berita Terkait

0 Comments