Nasional /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 28/01/2020 13:31 WIB

Menhub Pastikan Penerbangan Dari dan Menuju Wuhan Ditutup

Menteri Perhubungan Menhub Budi Karya Sumadi
Menteri Perhubungan Menhub Budi Karya Sumadi
JAKARTA, DAKTA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan tidak ada lagi penerbangan dari dan menuju ke Wuhan, China pasca kasus penyebaran virus corona. 
 
Dalam raker bersama Komisi V DPR RI, Budi mengemukakan bahwa mereka menutup seluruh penerbangan dari dan menuju ke Wuhan setelah adanya travel warning yang dikeluarkan oleh Kemenlu. 
 
"Dari seluruh Indonesia ke Wuhan itu ditutup, begitu juga sebaliknya. Sekali pernah ada penerbangan menuju kesana, tapi kita batalkan," papar Budi di Jakarta, Selasa (28/1). 
 
Sementara itu, terkait dengan penerbangan ke wilayah Tiongkok daratan lainnya, Budi mengemukakan tidak ada pembatalan karena belum adanya peringatan dari WHO untuk kasus yang sama. 
 
"Dari rekomendasi Kementerian Kesehatan dan WHO, tidak ada kegiatan penundaan kepada daerah lain. Jadi hanya Wuhan yang tidak kita berikan layanan penerbangan," imbuhnya. 
 
Virus corona mulai mewabah di Wuhan, China, pada Desember lalu. Virus ini diduga berasal dari hewan liar yang dijual di Pasar Makanan Laut Huanan yang terletak di pusat kota Wuhan. 
 
Virus corona mempunyai gejala mirip dengan flu biasa seperti pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala dan demam. Bagi orang yang sistem kekebalan tubuhnya sedang lemah, seperti orang tua dan anak-anak, virus ini bisa menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang lebih serius. Mulai dari pneumonia sampai bronkitis. 
 
Pihak otoritas China mengatakan hingga saat ini virus corona telah menewaskan 106 orang dan menginfeksi lebih dari 4500 orang. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 3355 Kali
Berita Terkait

0 Comments