Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 27/01/2020 15:15 WIB

Kemenkes Akui Pro Aktif Tangkal Virus Corona

Konpers Kemenkes terkait perkembangan virus Corona yang mewabah di dunia
Konpers Kemenkes terkait perkembangan virus Corona yang mewabah di dunia
JAKARTA, DAKTA.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan akan bersikap pro aktif terkait pencegahan virus Corona. Dalam konferensi persnya, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Anung Sugihantono mengatakan pihaknya telah mempersiapkan penanganan sejak di pesawat. 
 
"Sekarang itu sudah ada thermal detector di Bandara, tapi kita akan periksa hingga di pesawat, terutama bagi pesawat dari negara terkena virus tersebut," jelas Anung, Senin (27/1). 
 
Anung mengimbau agar masyarakat Indonesia tidak terlebih dahulu untuk melakukan perjalanan ke negara China yang menjadi asal penyebaran virus Corona. 
 
"Intinya kalau enggak mau terkena penyakit, ya jangan deket-deket sumber penyakitnya. Kalau pun terpaksa harus kesana, jauhi pasar, laut, atau hewan liar," imbuhnya. 
 
Anung menambahkan pihaknya membuka layanan telepon Crisis Center atas kasus virus Corona ini di 021-5210-411 dan 0812-1212-3119. 
 
Virus corona yang baru ditemukan Desember lalu di kota Wuhan, China, telah menewaskan 80 orang dan kasusnya telah mencapai lebih dari 2.300 di China daratan hingga hari ini. 
 
Penyebaran virus yang diduga berasal dari hewan liar itu terjadi dengan cepat karena gejala yang ditimbulkan virus pada penderita muncul agak lama setelah penderita terjangkit, hal ini membuat pencegahan menjadi lebih sulit. 
 
Virus corona merupakan jenis virus yang biasanya mempengaruhi saluran pernapasan mamalia, termasuk manusia. Ada beberapa cara virus corona menyebar, seperti melalui batuk atau bersin yang tanpa menutup mulut.
 
Hingga kini, sekitar 11 negara telah mengonfirmasi terjadinya infeksi serangan virus Corona di wilayah mereka, yakni China, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, AS, Vietnam, Prancis, Nepal, dan Kanada termasuk ke dalam daftar negara yang sudah melaporkan infeksi virus Corona. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 653 Kali
Berita Terkait

0 Comments