Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 24/01/2020 15:14 WIB

Nyeri pada Ulu Hati Tidak Boleh Disepelekan

Bincang Sehat bersama dr. Mauliana Budiastuti, SpPD dari RS Citra Harapan
Bincang Sehat bersama dr. Mauliana Budiastuti, SpPD dari RS Citra Harapan
BEKASI, DAKTA.COM - Pernahkah Anda merasakan sakit nyeri di bagian tengah antara dada dan perut? Kalau iya, kemungkinan itu merupakan sakit ulu hati dan tidak boleh disepelekan bahkan dibiarkan.
 
dr. Mauliana Budiastuti, SpPD dari RS Citra Harapan menerangkan, gejala awal keluhan bagi penderita sakit ulu hati di antaranya mual, perut kembung, dan sering bersendawa.
 
"Keluhan awalnya itu mual, terus kalau makan perut cepat penuh, muntah-muntah kalau ada makanan yang masuk, dan disertai nyeri di bagian ulu hati," katanya dalam Bincang Sehat di Radio Dakta, Jumat (24/1).
 
Meski begitu, menurutnya, penyakit ulu hati tidak boleh dianggap sepele karena bisa menandakan penyakit atau gangguan pada organ-organ di sekitar area ulu hati, seperti di tukak lambung.
 
"Selain terasa sakit di ulu hati, gejala yang muncul akibat tukak lambung adalah mual, muntah, sakit perut, dan merasa mudah kenyang. Gejala yang paling umum adalah panas dan nyeri di bagian atas atau tengah perut tergantung pada tempat tukak lambung," jelasnya.
 
Rasa sakit pada ulu hati bisa terasa sebelum atau setelah makan, atau saat berbaring. Kasus-kasus dengan nyeri ulu hati biasanya adalah kondisi yang tidak berat. 
 
Meskipun demikian perawatan medis, harus segera dilakukan jika nyeri ulu hati disertai dengan gejala yang menunjukkan penyakit jantung, seperti adanya nyeri dada hebat yang menjalar dan frekuensi pernafasan yang meningkat atau rasa sesak napas.
 
Rekan yang ingin mengetahui lebih lanjut atau berkonsultasi mengenai penyakit ulu hati dapat mengunjungi Rumah Sakit Citra Harapan di Ruko Sentra Niaga, Jl. Harapan Indah Raya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi. Rekan juga dapat menghubungi nomor telepon 021-888.70606 atau 021-888.70909. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 962 Kali
Berita Terkait

0 Comments