Internasional / Timur Tengah /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 11/08/2015 11:38 WIB

Ledakan Bom di Diyala Irak Timur 58 Orang Tewas

Militan ISIS berprade di atas tank
Militan ISIS berprade di atas tank

DIYALA_DAKTACOM: Setidaknya 58 orang tewas dan lebih dari 100 orang terluka akibat dua ledakan besar di provinsi sebelah timur Irak, Diyala, Senin (10/8). Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Seperti dikutip Reuters, ledakan terjadi di Pasai Huwaidar, sekitar 4 km dari ibu kota provinsi Baquba. Serangan ini menewaskan 51 orang, dan melukai 80 orang.

"Penyerang berhasil melewati pos pemeriksaan karena ikut dalam iring-iringan pengantin. Pelaku dengan bahan peledak memisahkan diri dan meledakkannya di pasar yang ramai," ujar kapten polisi Diyala Mohammed al-Tamimi.

Di tempat terpisah di timur Baquba, ledakan menewaskan tujuh orang dan melukai 25 lainnya.  ISIS mengatakan, mereka menargetkan pos pemeriksaan yang dijaga militer atau sukarelawan dari milisi Syiah Hashid Shaabi.

Saat ini, pemerintah dan milisi Irak sedang fokus merebut provinsi sebelah barat, Anbar. Mereka mengerahkan segala kemampuan untuk mengambil alih jantung wilayah Suni itu.

Sementara Amerika Serikat terus melancarkan serangan udara ke ISIS. AS bisa jauh lebih leluasa dalam melakukan serangan setelah Turki memberi izin Paman Sam menggunakan pangkalan militer mereka.

Editor :
Sumber : Republika Online
- Dilihat 1161 Kali
Berita Terkait

0 Comments