Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 15/01/2020 10:18 WIB

Bamsoet Dorong KPK Selidiki Kasus Jiwasraya dan Asabri

Kantor Jiwasraya di Jakarta
Kantor Jiwasraya di Jakarta
JAKARTA, DAKTA.COM - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong KPK untuk mengusut dugaan adanya kerugian negara dalam PT Asuransi Jiwasraya dan Asabri. 
 
Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menduga adanya praktik kongkalikong terhadap pengumpulan dana asuransi maupun pensiunan TNI di kedua perusahaan BUMN tersebut sehingga menyebabkan kerugian. 
 
"Bukan hanya di sana, tapi ada juga beberapa yayasan pengelolaan dana pensiun yang melakukan investasi secara serampangan," ujar Bamsoet. 
 
Maka dari itu, Bamsoet meminta agar KPK turut menyelidiki apakah ada dugaan penyelewengan dana yang terjadi di kedua perusahaan BUMN tersebut.
 
"KPK perlu turun untuk menyelidiki kasus tersebut, apakah memang praktik ini sudah menimbulkan kerugian negara yang cukup banyak," tutupnya. 
 
Setelah terbongkarnya kasus gagal bayar yang menimpa PT Asuransi Jiwasraya, kini masalah serupa muncul dari penghimpun dana pensiun bagi TNI-Polri, yakni Asabri. 
 
Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK pada tahun 2016 silam, PT Asabri mengalami potensi kerugian negara hingga Rp637,1 miliar serta ketidakefisienan pengelolaan keuangan perusahaan senilai Rp834,72 miliar. 
 
Rencananya pihak DPR RI akan mengusulkan membentuk pansus untuk menyelidiki kasus gagal bayar yang menimpa kedua perusahaan BUMN tersebut. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 496 Kali
Berita Terkait

0 Comments