Nasional /
Follow daktacom Like Like
Senin, 13/01/2020 12:07 WIB

Pengungsi di Tujuh Wilayah Terdampak Banjir Sudah Pulang

Banjir merendam Perum Bumi Sani Permai, Desa Setiamekar, Tambun Selatan, Rabu (1/1)
Banjir merendam Perum Bumi Sani Permai, Desa Setiamekar, Tambun Selatan, Rabu (1/1)
BEKASI, DAKTA.COM - Pasca banjir yang melanda Kota Bekasi awal tahun 2020, hingga saat ini warga korban banjir telah kembali ke rumah masing - masing dari tempat pengungsian.
 
Berdasarkan rekapitulasi data dampak banjir dan longsor Jabodetabek dan Lebak yang dihimpun oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB menunjukkan tujuh wilayah sudah tidak ada pengungsi.
 
Tujuh wilayah itu diantaranya, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Depok, Kota Bogor dan Jakarta.
 
"Sebelumnya jumlah pengungsian tertinggi berada di Kabupaten Bogor sejumlah 15.003 jiwa dan yang terendah di Jakarta Timur sejumlah 29 jiwa," Kata Agus Wibowo, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dari siaran rilisnya, Ahad (12/1).
 
Masyarakat diimbau untuk selalu siap siaga dengan membuat rencana antisipasi bencana, mencatat nomor telepon penting, membentuk komunitas siaga bencana dengan melakukan kegiatan gotong royong seperti kerja bakti, menentukan jalur evakuasi dan titik kumpul aman.
 
"Dan juga mempersiapkan perbekalan untuk tiga hari dengan Tas Siaga Bencana dan mengamankan dokumen penting serta segera laporkan jika ada kerusakan atau tanggul bocor ke Kelurahan/Kecamatan/BPBD terkait," jelas Agus.
 
Ia menambahkan, bencana merupakan urusan bersama dan merupakan peristiwa yang berulang. Potensi Bencana besar pasti akan terjadi namun masyarakat tidak pernah tahu kapan waktu akan terjadinya. 
 
Sebelumnya, hingga Jumat (10/1) kemarin BNPB masih mendistribusikan bantuan peralatan untuk membantu distribusi logistik dan penyebrangan di Kabupaten Bogor dan Provinsi Banten. Masing-masing daerah mendapatkan bantuan tambahan berupa 1 unit Perahu Katamaran, 4 unit dayung, dan 1 unit mesin perahu 25 PK. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1678 Kali
Berita Terkait

0 Comments