Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 09/01/2020 09:44 WIB

Komunitas Bekasi Bersinergi Bergerak Peduli Banjir

Komunitas Bekasi membantu para korban banjir di Kota Bekasi dan sekitarnya (dok: Komunitas Bekasi)
Komunitas Bekasi membantu para korban banjir di Kota Bekasi dan sekitarnya (dok: Komunitas Bekasi)
BEKASI, DAKTA.COM - Pada Ahad (05/01/2020) lalu, Komunitas Bekasi Bergerak Peduli Banjir yang diinisasi dari dua forum komunitas terbesar di Bekasi, yakni Bekasi Community Connection (BCC) dan Paguyuban Komunitas Mobil Bekasi (PKMB) melakukan aksi sosial untuk membantu para korban banjir di Kota Bekasi dan sekitarnya. Aksi #BekasiBergerak Peduli Banjir yang berlangsung kemarin ini diadakan di empat titik yakni:
 
1. Wilayah Kp. Poncol, RW 24, Margahayu – Bekasi Timur, 
2. Kp. Pisang Kele, RW 04 Margahayu – Bekasi Timur, 
3. Kp. Pangkalan Bambu, RT 05/01, Jakasetia – Bekasi Selatan
4. Stasiun KA Bekasi, Margamulya – Bekasi Utara.
 
Komunitas Bekasi menyalurkan donasi yang telah diterima melalui penggalangan dana berupa uang dan bahan kebutuhan kebersihan lainnya. 
 
“Alhamdulillah, donasi telah kita sampaikan sebanyak 430 paket yang kami salurkan langsung maupun bekerjasama melalui posko bantuan terkait,” ujar Hellen Consinta, Koordinator Acara yang juga Founder Bekasi Community Connection (BCC), Kamis (9/1). 
 
Donasi berupa barang disampaikan langsung kepada para korban banjir, di antaranya pembalut, popok bayi dan dewasa, personal hygiene, alat kebersihan, pakaian, air mineral, roti, susu UHT, serta makanan ringan. 
       
Pada aksi #BekasiBergerak juga disediakan fasilitas posko kesehatan. Terdapat tim medis, obat-obatan, dan vitamin bagi warga korban banjir. Selain BCC dan PKMB, komunitas yang terlibat di antaranya adalah Komunitas Faktabahasa Bekasi, Kelas Inpirasi Bekasi, Muda Hebat Indonesia, Earth Hour Bekasi, Delegasi Komunitas, Grand Livina Community, Ladies Car Community, M2unity, dan masih banyak lagi.
 
Selain Komunitas, Juga terdapat 50 Relawan dari masyarakat, mahasiswa dan pelajar Bekasi. 
 
“Alhamdulliah semuanya berjalan lancar, rencananya kami juga akan turun kembali untuk ke titik lainnya. Masih banyak warga yang membutuhkan bantuan,” kata Andi Warbowo, Koordinator Lapangan yang juga Ketua Paguyuban Komunitas Mobil Bekasi (PKMB).
 
Hujan deras yang mengguyur seharian pada awal Tahun Baru 2020 membuat beberapa wilayah di Kota Bekasi dan sekitarnya dilanda banjir. Banjir dengan kedalaman beragam, merendam pemukiman warga dan memaksa mereka untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. 
 
Kendaraan bermotor milik warga juga banyak yang menjadi korban, terendam bahkan sebagian di antaranya hanyut terbawa arus. Seperti di Kp. Poncol, RW 24, Kelurahan Margahayu Bekasi Timur, banjir setinggi 1-2 meter merendam rumah dan kendaraan bermotor milik warga. **
Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 585 Kali
Berita Terkait

0 Comments