Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 01/01/2020 14:43 WIB

Kota Bekasi Butuh Pusat Informasi Terpadu Penangan Banjir

Ketua DPRD Kota Bekasi Chairuman J.Putro
Ketua DPRD Kota Bekasi Chairuman J.Putro
BEKASI, DAKTA.COM - Memasuki hari pertama di Tahun 2020, Rabu (1/1/2020), wilayah Kota Bekasi dilanda banjir akibat hujan yang mengguyur selama satu hari penuh di akhir Tahun 2019.
 
Sejak Selasa (31/12/2019) malam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi menyampaikan informasi kepada seluruh stakeholder untuk mengingatkan seluruh warga agar waspada terjadi banjir pada hari ini, Rabu (1/1/2020).
 
Ketua DPRD Kota Bekasi, Choiruman J Putro meminta agar Pemerintah Kota Bekasi sigap menangani banjir yang menjadi bencana rutin setiap tahun.
 
Pemerintah, kata Choiruman, wajib hadir di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan bantuan selama bencana banjir ini melanda.
 
Langkah antisipasi yang perlu dilakukan menurutnya, Pemerintah Kota Bekasi harus membentuk Pusat Informasi Terpadu Banjir yang bisa berfungsi sebagai sentral informasi seputar banjir.
 
Apabila Pusat Informasi ini terbentuk, maka hal tersebut juga memudahkan masyarakat untuk menyampaikan informasi mengenai titik-titik banjir maupun wilayah yang membutuhkan bantuan, baik berupa perahu karet maupun logistik lainnya.
 
"Pemerintah wajib hadir dan tidak ada libur kendati per-satu Januari adalah tanggal merah. Saya meminta agar ada Pusat Informasi Terpadu yang dibentuk oleh pemerintah. Ini sangat penting, karena situasi wilayah sudah dilanda banjir hampir disetiap pelosok," ujar Choiruman, Rabu (1/1/2020).
 
Choiruman mengakui terkait minimnya informasi yang dapat diakses warga, akan menyulitkan pemerintah dan masyarakat sendiri selama bencana banjir berlangsung.
 
"Jika ada Pusat Informasi Terpadu Banjir, ini dapat dijadikan tempat pengaduan warga dalam mengatasi dan menangani banjir. Karena saat ini warga banyak membutuhkan perahu karet untuk evaluasi maupun supply logistik ke titik-titik banjir," ucap Choiruman.
 
Dia mengatakan, dari informasi yang diperolehnya, beberapa wilayah yang terendam banjir, belum secara menyeluruh tersentuh pemerintah. Namun ia mengakui sejumlah partai politik seperti PKS, PDIP dan beberapa partai lain sudah memiliki Posko Banjir di masing-masing wilayah.
 
"Syukurlah anggota legislatif dibeberapa dapil yang terkena banjir sudah sigap dan turun langsung ke masyarakat. Saya harapkan eksekutif bisa bekerjasama dengan legislatif dalam menangani banjir. Ini untuk kepentingan rakyat," tandasnya.
 
Sementara, langkah Pemerintah Kota Bekasi menganjurkan masyarakat apabila menemukan Titik Banjir yang memerlukan evakuasi bisa langsung Hubungi wa.me/6281294441972 Farhan Ketua MRI ACT Bekasi supaya bisa ditindaklanjut Tim Rescue. 
 
Kontak jajaran BPBD yang bisa diakses:
1. Kasi rehabilitasi rekonstruksi edi sukamto no HP 08128400102. 
2. Kasi darurat logistik emi trianingsih 08128543865 
3. Kasi pencegahan dan kesiapsiagaan abdul kadir jaelani 0818758829
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 1365 Kali
Berita Terkait

0 Comments