Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 23/12/2019 16:04 WIB

Mahasiswa Komunikasi Unas Beri Pelatihan Public Speaking

Mahasiswa Komunikasi Unas Beri Pelatihan Public Speaking di RPTRA Baung Jakarta
Mahasiswa Komunikasi Unas Beri Pelatihan Public Speaking di RPTRA Baung Jakarta
JAKARTA, DAKTA.COM - Tiga mahasiswa Kelas Karyawan Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Nasional (Unas), Jakarta, melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa pelatihan Public Speaking. 
 
Pelatihan Public Speaking ini disampaikan oleh mahasiswa Komunikasi Unas, yaitu Grasyela Putri Siahaan, Ika Kartika, dan Maila'ul Izza Annabilla, pada Ahad (22/12/19) kemarin.
 
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diselenggarakan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Baung, Kebagusan, Jakarta Selatan dengan diikuti oleh 27 orang peserta yang terdiri dari anak-anak usia 5-15 tahun. 
 
Penanggung jawab kegiatan, Ika Kartika membuka pelatihan dengan pertanyaan sederhana "Ayo, siapa yang berani bercerita? maju ke depan," kata Ika. 
 
Kemudian pertanyaan ini dijawab spontan oleh salah seorang anak bernama Tiara yang langsung bercerita mengenai pengalaman berliburnya.
 
Ika mengatakan, kegiatan Public Speaking ini diberikan kepada anak-anak dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada mereka pentingnya keberanian berbicara dengan umum dengan kepercayaan diri yang besar.
 
"Mereka perlu mendapat pengetahuan mengenai bagaimana berbicara di depan umum," kata Ika.
 
Pelatihan Public Speaking ini diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari pengenalan cara berbicara di depan publik, hingga permainan atau games berhadiah untuk memotivasi anak-anak dalam mempelajari Public Speaking.
 
"Semangat anak-anak disini untuk bisa dan berani berbicara di depan publik sangat besar. Mereka tidak ragu untuk bercerita mengenai apapun," tambah Ika.
 
Sementara itu penanggung jawab lain, Grasyela Putri Siahaan juga menjelaskan, bahwa Public Speaking memang perlu diberikan sejak dini kepada anak-anak agar ketika dewasa, para anak ini mampu dan tidak ada keraguan untuk berbicara didepan publik.
 
"Sekarang ini idealnya setiap anak harus mampu berbicara di depan umum, supaya ketika besar, bisa berinteraksi sosial dan juga bisa menanamkan jiwa kepemimpinan sejak kecil," kata Syela.
 
Selain memberikan materi Public Speaking atau pembelajaran Bahasa Inggris, para mahasiswa Ilmu Komunikasi Kelas Karyawan Universitas Nasional ini juga memberikan materi-materi lainnya seperti  pengenalan ilmu jurnalistik, Fun English, serta pengenalan terhadap tanaman hidroponik. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 779 Kali
Berita Terkait

0 Comments