Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 23/12/2019 13:44 WIB

Jangan Keliru, Ini Gejala Gagal Ginjal

dr. Irman Firmansyah, SpPD FINASIM, SH, MH dari RS Citra Harapan.
dr. Irman Firmansyah, SpPD FINASIM, SH, MH dari RS Citra Harapan.
BEKASI, DAKTA.COM - Penyakit gagal ginjal seringkali tidak disadari oleh penderitanya karena memang gejalanya mirip dengan penyakit pada umumnya.
 
Menurut dr. Irman Firmansyah SpPD FINASIM, SH, MA, dari RS Citra Harapan bahwa gejala gagal ginjal itu di antaranya mual, gatal-gatal, mudah lelah, sesak, dan berkurangnya produksi urine.
 
"Biasanya tanda terjadinya gagal ginjal itu, produksi urine berkurang dan berwarna kemerahan. Tetapi Banyak penderita yang terkecoh," ucapnya.
 
Karena, tidak selalu produksi urine penderita gagal ginjal sedikit, tetapi ada juga yang normal. Hanya saja air seninya menjadi tertahan.
 
"Seharusnya zat zat toksin yang dikeluarkan justru tertahan. Atau sebaliknya, zat yang seharusnya dipertahankan malah keluar melalui sekresi urine," kata dr. Irman Firmansyah.
 
Ia mengaku, kemajuan zaman juga mempengaruhi lifestyle dan pola makan yang cenderung lebih memilih fast food sehingga memicu gangguan fungsi ginjal.
 
"Selain itu minuman berenergi dan penggunaan obat-obatan yang tidak jelas juga jadi faktor pemicu gagal ginjal," ungkapnya. 
 
dr. Irman Firmansyah mengatakan, proses penyembuhan penderita gagal ginjal bisa ditempuh dengan terapi cuci darah atau hemodialisa. Dan saat ini Rumah Sakit Citra Harapan sudah memiliki layanan hemodialisa.
 
Kenali lebih jauh penyakit gagal ginjal dan terapi hemodialisa dengan datang langsung ke RS Citra Harapan di Kawasan Sentra Niaga No. 3-5, Jl. Raya Harapan Indah, Medan Satria, Kota Bekasi atau kunjung website www.citraharapan.com.
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 653 Kali
Berita Terkait

0 Comments