Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 19/12/2019 13:06 WIB

Cegah Penularan, Calon Pengantin Diimbau Tes HIV/AID

Ilustrasi tes HIV
Ilustrasi tes HIV
CIKARANG, DAKTA.COM - Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Bekasi mengimbau calon pasangan suami istri untuk melakukan tes HIV/AID menyusul ada sebanyak 20 balita positif HIV hingga tahun 2019 ini.
 
Ketua KPAD Kabupaten Bekasi, Ade Bawono mengatakan bahwa 20 balita yang terpapar HIV karena tertular dari orangtuanya, terutama ibunya, karena tidak ditangani dengan baik sehingga saat melahirkan bayinya terpapar HIV.
 
Ia menyebut meskipun ibunya positif HIV, tetapi bayi dilahirkannya bisa tidak terkena HIV jika dilakukan antisipasi dengan baik, oleh karenanya perlu deteksi dini dan kenali diri. 
 
"Jangan malu untuk mengecek HIV agar bisa dilakukan pengobatan sehingga bayinya tidak ikut terpapar HIV," katanya di Cikarang, Kamis (19/12).
 
Selain itu untuk antisipasi dini, calon pasangan suami istri juga diminta mengecek HIV, karena penyebaran HIV/AIDS ke ibu rumah tangga atau istri cukup banyak karena saat di awal nikah calon suami tidak jujur kalau positif HIV atau juga karena suami sering 'jajan' di luar.
 
Untuk itu, pihaknya sudah beberapa kali bekerja sama dengan Kementerian Agama untuk memberikan bimbingan pra nikah terhadap pasangan pengantin dan memberikan sosialisasi mengenai HIV/Aids.
 
"Pada tahun 2019 ini ada sebanyak 105 kasus HIV/AIDS, dari jumlah itu paling terbanyak dialami ibu rumah tangga," ungkapnya.
 
Menurutnya, ibu rumah tangga terpapar HIV/AID dari suaminya, yang melakukan penyimpangan dengan menggunakan jasa pekerja seks komersial.
 
Maka dari itu, lembaganya bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi gencar melakukan penyuluhan terutama terhadap ibu hamil. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 857 Kali
Berita Terkait

0 Comments