Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 17/12/2019 15:11 WIB

Waspadai Penularan Hepatitis A

Bincang Sehat bersama Dinkes kota Bekasi tentang penularan Hepatitis A
Bincang Sehat bersama Dinkes kota Bekasi tentang penularan Hepatitis A
BEKASI, DAKTA.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap penyakit Hepatitis A yang diakibatkan karena penularan dan perilaku hidup yang tidak sehat.
 
Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kota Bekasi, dr. Siti Nurliah, MKM menjelaskan Hepatitis A adalah peradangan organ hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis A (HAV), termasuk dalam family picornaviridae, genus hepatovirus dan merupakan RNA virus.
 
"Cara penularan Hepatitis A ini bisa melalui makanan atau minuman yang tercemar virus Hepatitis A yang berasal dari tinja penderita Hepatitis A," kata dr. Siti dalam Bincang Kesehatan di Radio Dakta, Selasa (17/12).
 
Menurutnya, timbulnya penyakit ini berhubungan erat dengan sanitasi yang buruk dan rendahnya higiene personal, seperti cuci tangan pakai sabun.
 
Ia menekankan untuk mencegah terjadinya penularan Hepatitis A, dengan membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti mencuci tangan pakai sabun menggunakan air yang mengalir.
 
Cuci tangan itu dilakukan terutama pada saat sebelum makan, sebelum mengolah dan menghidangkan makanan, setelah buang air besar dan air kecil, setelah mengganti popok bayi, serta sebelum menyusui bayi.
 
Sementara, bagi yang sudah positif terkena Hepatitis A harus ditangani dengan baik untuk kesembuhannya agar tidak menular ke orang lain.
 
"Meski begitu, tidak ada pengobatan khusus, hanya bersifat simptomatis dan diutamakan meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara istirahat cukup dan makan makanan yang bergizi," tuturnya. **
 
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 2016 Kali
Berita Terkait

0 Comments