Nasional /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 13/12/2019 14:45 WIB

Jalan Bergelombang, BPTJ Pastikan Tol Layang Japek Aman Dilalui

Tol Layang Jakarta Cikampek
Tol Layang Jakarta Cikampek
JAKARTA, DAKTA.COM - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit memastikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Japek Elevated aman dilalui kendati kontur jalan tersebut agak bergelombang.
 
"Pasti, pasti aman untuk dilalui. Kita ada pengujian yang dilakukan oleh KKJTJ atau Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan dari Bina Marga," ujar Danang di Jakarta, Jumat (13/12).
 
Dia mengatakan Kementerian PUPR telah menguji kekuatan infrastruktur Tol Layang Japek, sehingga secara konstruksi tidak ada masalah. Pihaknya juga sudah memiliki standar supergradien dan superelevasi sesuai design speed.
 
Jadi, semua sudah sesuai standar kecepatan rencana 80 km/jam. Standar kereta tidak fleksibel seperti jalan raya.
 
"Kalau saya lihat karena sebelahnya itu secara teknis desain geometrik kereta api itu kan air-nya dan radiusnya lebih kecil serta supergradiennya juga lebih kecil. Sementara kalau yang jaringan jalan secara geometrinya lebih fleksibel, bisa naik turun," katanya.
 
Secara geometrik, lanjutnya, Tol Layang Japek itu tidak ada masalah.
 
Sementara itu, pihak PT Waskita Karya, sebagai kontraktor Tol Layang Japek, belum bersedia memberi jawabannya. 
 
Sebelumnya, saat peresmiannya pada Kamis (12/12/2019), Presiden Joko Widodo mengatakan Jalan Tol Layang Japek akan digratiskan sampai Tahun Baru 2020.
 
Presiden berharap jalan tol tersebut mampu mengurangi kemacetan secara signifikan. **
Editor :
Sumber : Antara
- Dilihat 1103 Kali
Berita Terkait

0 Comments