Internasional / Timur Tengah /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 06/08/2015 13:48 WIB

Kunjungan Hamas ke Arab Saudi Sukses

Anggota HAMAS
Anggota HAMAS

GAZA-DAKTACOM: Kunjungan Hamas ke Arab Saudi pada bulan Ramadhan lalu berjalan dengan sukses. Pejabat senior Hamas mengatakan itu, kemarin.

Menurut Mosa Abu Marzouk, kunjungan itu telah menemui tujuan yang diinginkan sejak awal. "Karena itu berjalan sukses," ujarnya.

Hamas disebut memiliki hubungan dengan kelompok Ikhwanul Muslimin (IM). Organisasi ini mendapat perhatian khusus dari Saudi. Saudi bahkan memasukkannya ke dalam daftar kelompok radikal.

Dengan pertemuan dengan Hamas itu, ada indikasi Raja Saudi yang baru Salman secara perlahan telah mengubah kebijakan mereka terhadap IM.

Marzouki menambahkan, Hamas berharap dapat menjalin kerja sama, baik dengan Timur maupun Barat. Hamas juga telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia. "Dan kami menyiapkan kunjungan resmi ke Moskow," ujarnya.

Terkait hubungan dengan Mesir, ia menilai belum ada perkembangan lebih jauh. Ia hanya berharap Mesir dapat kembali membangun kontak dengan Hamas setelah pengadilan Kairo mencabut Hamas dari daftar organisasi teroris.

"Membaiknya hubungan dengan Mesir bagus buat Mesir dan Gaza," ujarnya.
Menyangkut masalah internal Palestina, Marzouk berharap ada rekonsiliasi dengan semua faksi.

Editor :
Sumber : Republika Online
- Dilihat 1158 Kali
Berita Terkait

0 Comments