Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 12/12/2019 14:00 WIB

PUPR Sarankan Tol Layang Japek Untuk Perjalanan Jarak Jauh

Tol Layang Japek
Tol Layang Japek
BEKASI, DAKTA.COM - Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto menyarankan Tol layang Jakarta-Cikampek atau Japek Elevated digunakan untuk menempuh perjalanan jarak jauh.
 
"Iya sebaiknya, jadi langsung keluar di simpang Cikunir, Bandung, Cipali, karena di sini ada wilayah untuk daerah industri dan sebagainya," ujar Sugiyartanto di Tol layang Jakarta-Cikampek, Bekasi pada Kamis (12/12).
 
Ia mengatakan bahwa tol layang ini kurang pas jika digunakan untuk menempuh perjalanan jarak pendek.
 
Tol layang Jakarta-Cikampek memiliki panjang 38 km dan didesain untuk kecepatan maksimal 80 km per jam. Tol ini memiliki lebar lajur 3,5 meter dan jumlah lajur 2x2. Titik awal tol layang itu dimulai di daerah Cikunir dan berakhir di Karawang Barat.
 
Pelaksanaan atau pengerjaan konstruksi proyek Tol layang Jakarta-Cikampek berlangsung selama 34 bulan dengan nilai investasi Rp16,23 triliun.
 
Direncanakan Presiden Joko Widodo akan meresmikan tol layang tersebut pada Kamis (12/12) siang ini. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri BUMN Erick Thohir, serta sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju lainnya akan mendampingi Presiden Joko Widodo dalam peresmian tol layang Jakarta-Cikampek atau Japek Elevated.
 
Pembukaan jalan tol Jakarta-Cikampek sepanjang 38 km tersebut akan diberlakukan gratis hingga libur Natal dan Tahun Baru 2020 usai.
 
Dengan adanya penambahan tol layang Jakarta-Cikampek, akan sangat membantu mengurangi kemacetan yang akan memangkas pula waktu tempuh Jakarta-Bandung dan sekitarnya, serta ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.
 
Saat ini para pengguna sedang menunggu skema tarif tol. Diharapkan tarif tol disesuaikan dengan tujuan utama, yakni mendorong distribusi barang dan jasa, serta mendorong produktivitas. **
Editor :
Sumber : Antara
- Dilihat 739 Kali
Berita Terkait

0 Comments