Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 12/12/2019 13:06 WIB

Program JKN-KIS Sangat Besar Manfaatnya Untuk Masyarakat

Rusyadi
Rusyadi
BEKASI, DAKTA.COM - PT Askes Persero resmi beralih menjadi BPJS Kesehatan per tanggal 1 Januari 2014, oleh karena itu seluruh peserta PT Askes saat itu otomatis masuk kedalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat. Tak terkecuali Rusyadi (59) yang merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS). 
 
“Perubahan itu menurut saya membuat akses pelayanan kesehatan lebih terbuka, dulu PT Askes hanya untuk PNS, walaupun banyak asuransi komersil lainnya, tetapi setelah adanya BPJS Kesehatan dengan iurannya yang terjangkau maka saat ini masyarakat kita lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan,” jealsnya.
 
Rusyadi mengatakan, salah satu keluarganya pernah mendapatkan manfaat dari Program JKN-KIS, yaitu almarhumah istrinya yang didiagnosa tiroid oleh dokter sehingga harus menjalani operasi. Ia mengatakan untuk dilakukan tindakan memerlukan biaya hingga puluhan juta, namun karena sudah terdaftar di Program JKN-KIS maka tidak mengeluarkan biaya besar dan mahal.
 
“Keluarga saya pernah menggunakan, almarhumah istri saya memiliki penyakit tiroid dan harus di operasi karena sudah sebesar telur dan selalu tersedak saat makan serta melakukan operasi sinusitis. Biaya yang dikeluarkan cukup besar, untungnya sudah ada BPJS Kesehatan semua biaya yang ditagihkan ditanggung oleh BPJS Kesehatan,” jelasnya.
 
Menurutnya potongan iurannya setiap bulan tidaklah berat, dengan hanya dipotong 2% setiap bulan untuk iuran sekeluarga. Rusyadi juga mengatakan bahwa dengan iuran hanya segitu dan manfaatnya yang besar maka program ini besar sekali manfaatnya untuk masyarakat.
 
“Menurut saya Program JKN-KIS ini sangat membantu, meskipun setiap bulan harus dipotong iuran dari gaji tapi hal tersebut tidak terasa serta sangat membantu jika tiba-tiba salah satu keluarga memerlukan pengobatan dengan biaya yang besar. Semua biaya ditanggung sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk pengobatan. Menurut saya dengan prinsip gotong royong yang dianut program ini sangatlah bagus, karena dengan begitu kita bisa membantu masyarakat yang kurang agar mendapatkan pelayanan kesehatan dengan maksimal,” tutupnya. **
 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 670 Kali
Berita Terkait

0 Comments