Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 10/12/2019 17:11 WIB

DPR RI Minta Pemkab Bekasi Siapkan Lulusan Siap kerja

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda
CIKARANG, DAKTA.COM - Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda meminta Pemkab Bekasi dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Dinas Tenaga Kerja di Kabupaten Bekasi untuk bersinergi sehingga tercipta lulusan yang siap masuk ke dunia industri.
 
Hal itu dikatakannya saat melakukan kunjungan ke kantor Pemkab Bekasi di Cikarang Pusat dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan DPR RI ke daerah, Selasa (10/12).
 
Menurutnya kunjungan tersebut untuk mendapatkan masukan berupa data faktual bidang pendidikan di Kabupaten Bekasi, serta mendapatkan masukan terkait peran apa saja yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam memfasilitasi lulusan pendidikan vokasi ke dunia usaha/industri.
 
Selain itu juga dimaksudkan untuk mendapatkan penjelasan secara langsung dari pejabat daerah mengenai sarana dan prasarana pendidikan dan melakukan pengawasan terhadap implementasi kebijakan bidang pendidikan, menggali dan menyerap aspirasi dari daerah khususnya nilai-nilai dalam penguatan pendidikan karakter, kendala, dan permasalahannya, serta langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk pengambilan kebijakan selanjutnya.
 
"Dari hasil kunjungan diketahui harus ada keterkaitan antara Dinas Pendidikan dan Dinas Tenaga Kerja, sehingga tercipta link and match, lulusan SMK bisa langsung bekerja ke perusahaan," ucapnya.
 
Sebagai anggota dewan dari dapil 7 yang meliputi Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta, ia mengaku akan mendorong agar kompetensi lulusan sekolah bisa meningkat dengan menyiapkan regulasi di legislatif.
 
Syaiful yang merupakan politisi PKB ini menambahkan, di program legislasi nasional (prolegnas) 2020, legislatif juga berencana merevisi undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, sehingga dengan adanya kunjungan itu juga bisa menjadi masukan apa yang perlu diperbaiki dalam produk hukum tersebut. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1208 Kali
Berita Terkait

0 Comments