Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Senin, 09/12/2019 12:55 WIB

Ojek Online Dapat Arahan Pertolongan Pertama Saat Kecelakaan

Mitra Gojek Bekasi mengikuti Sosialisasi Penanganan Pertama Kecelakaan Lalu Lintas
Mitra Gojek Bekasi mengikuti Sosialisasi Penanganan Pertama Kecelakaan Lalu Lintas
BEKAS, DAKTA.COM - Puluhan pengemudi ojek online berlabel Gojek, mendapat arahan tentang cara memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan lalu-lintas yang kerap terjadi para ojol saat berkendara.
 
Kegiatan bertajuk Sosialisasi Penanganan Pertama Kecelakaan Lalu Lintas ini diselenggarakan lima instansi, yakni RS Ananda, Polres Metro Bekasi Kota, BPJS Kota Bekasi, dan Jasa Marga bersama Mitra Gojek Bekasi, dan didedikasikan agar Tim Unit Reaksi Cepat Gojek dapat memahami mekanisme penanganan apabila terjadi kecelakaan lalu lintas yang dialami anggotanya. 
 
Direktur Utama RS Ananda, Titi Mafrisihati mengatakan, sosialisasi yang dilakukan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat terutama para driver Gojek yang kesehariannya di jalan raya.
 
Apabila terjadi kecelakaan, menurutnya, tim URC Gojek dapat memberikan tindakan pencegahan atau pertolongan guna menghindari resiko yang lebih fatal bagi korban kecelakaan.
 
"Langkah promotif ini diberikan apabila masyarakat menemukan kegawatan, dapat mengambil tindakan-tindakan pencegahan atau pertolongan yang mengakibatkan kurangnya resiko cedera bagi korban. Itu menjadi penting sambil menunggu adanya tim kesehatan yang datang," terang Titi.
 
Menyinggung kegiatan sosialisasi di tempatnya, Titi menjelaskan, bahwa RS Ananda berada di jalan yang strategis yang kerap terjadi kecelakaan lalu lintas. Dalam kesempatan itu, ia memaparkan kesiapan pihaknya dalam memberikan layanan kesehatan dengan berbagai fasilitas yang memadai.
 
"RS Ananda menjadi pusat layanan kesehatan kerja. Kita sudah bekerjasama dengan BPJS dan Jasa Marga yang siap memberikan akses layanan bagi masyarakat, terutama mengenai kesiapan dalam menghadapi kecelakaan lantas," ungkap Titi. 
 
Driver Empowerment Mitra Gojek Bekasi, Rizky mengaku sosialisasi yang disampaikan sangat penting terutama bagi Unit Reaksi Cepat Mitra Gojek, yang kesehariannya memberikan bantuan kepada korban laka lantas.
 
"Gojek memiliki URC, mereka sudah punya lintas masing-masing, jika terjadi kecelakaan, maka mereka turun tangan. Mengenai pelatihan dan aspek-aspek yang dilakukan bila terjadi kecelakaan, ini sangat penting agar mereka tahu bahwa ada caranya saat menolong orang, kemudian langkah lanjut mengurus administrasinya juga perlu diketahui," ungkap Rizky.
 
Di tempat yang sama, Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Bekasi Kota, AKP Indira berharap, driver Gojek dapat lebih hati-hati saat berkendara dan menghindari kecelakaan lalu lintas.
 
Apabila terjadi kecelakaan, baik kepada sesama rekan ojek online maupun masyarakat, ia berpesan agar tindakan pertolongan dilakukan dengan cara-cara yang diajarkan tim medis RS Ananda.
 
"Bagi tim URC agar tetap menjaga lokasi TKP laka lantas tidak rusak. Bahkan dianjurkan untuk menjaga TKP agar tidak ada orang yang masuk. Tandai kendaraan dan letak korban untuk memudahkan analisa kepolisian," pungkasnya. **
 
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 1099 Kali
Berita Terkait

0 Comments