Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 06/12/2019 09:20 WIB

Kini, Hidroponik di Kota Bekasi Hasilkan Nilai Ekonomis

Budi daya Pakcoy secara hidroponik (ilustrasi)
Budi daya Pakcoy secara hidroponik (ilustrasi)
BEKASI, DAKTA.COM - Hidroponik menjadi solusi bagi petani di perkotaan saat ini, akibat minimnya keterbatasan lahan untuk bercocok tanam. Manfaatnya juga sangat baik untuk lingkungan, selain penghijauan, kini program hidroponik di Kota Bekasi sudah memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat.
 
Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto menjelaskan, saat ini kurang lebih ada 150 kelompok tani di Kota Bekasi yang sudah memanfaatkan hidroponik. Hasil panennya pun sudah bisa menghasilkan nilai ekonomis.
 
"Jika sudah ada 1000 lubang, itu akan memiliki nilai ekonomis. Itu bukan lagi hobi, tapi bisa menjadi industri pertanian bagi masyarakat," ujarnya, usai mengkukuhkan Asosiasi Hidroponik Kota Bekasi, (Ashikop) di Hotel Horison, Kamis (5/12) kemarin.
 
Wawali Kota Bekasi, Tri Adhianto saat mengkukuhkan Asosiasi Hidroponik Kota Bekasi 
 
Ashikop, kata Tri adalah wadah yang menjadi fasilitator para kelompok hidroponik di Kota Bekasi. Hasil panen hidroponik yang dihasilkan akan disalurkan kepada pembeli.
 
Selain itu, Tri juga meyakini hidroponik sebagai solusi untuk mengurangi reduksi suhu udara dan memperbaiki gizi masyarakat. Sebab saat ini suhu udara di Kota Bekasi cukup tinggi dari hasil polusi kendaraan yang kian bertambah.
 
"Dengan adanya ini, kita berharap dapat mengurangi reduksi udara yang sudah cukup tinggi di Kota Bekasi, dan ini juga bisa menjadi keguyuban warga dalam berkelompok atau sendiri dalam ber-hidroponik," pungkasnya.
 
Menurutnya, untuk membantu perkembangan kelompok tani hidroponik ini, Pemerintah Kota Bekasi sudah menyiapkan dana bergulir yang dikeluarkan oleh Bank Perkreditan Rakyat Syariah atau BPRS Kota Bekasi, yang bunganya hanya 4 persen dalam setahun. 
 
Dalam pengukuhan Asosiasi Hidroponik Kota Bekasi, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pertanian dan Perikanan juga memberikan penghargaan kepada kelompok masyarakat yang berinovasi dalam ber-hidroponik di masing-masing wilayahnya, di antaranya Kampung Hidroponik Asri Sejahtera di RT 013 RW 021, Kelurahan Kaliabang Tengah, Kecamatan Medan Satria yang memperoleh juara pertama dari lomba kampung hidroponik Kota Bekasi.
 
Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi, Momon Sulaiman mengatakan, ada enam kelurahan yang berhasil menjadi juara kampung hidroponik Kota Bekasi. Lomba ini dilaksanakan pada bulan November 2019.
 
"Yang memperoleh juara pertama adalah Kampung Hidroponik Asri Sejahtera di RT 013 RW 021, Kelurahan Kaliabang Tengah, Kecamatan Bekasi Utara, kedua Kampung Hidroponik Jakasampurna di RT 005 RW 05, Kecamatan Bekasi Barat, dan ketiga Kampung Hidroponik Kopi Kobi di RW 011, Kelurahan Jakamulya, Kecamatan Bekasi Selatan," terangnya.
 
Sementara untuk juara harapan di peroleh Kampung Hidroponik Kelurahan Mustikajaya, Kelurahan Pejuang, dan Kelurahan Aren Jaya. **
 
Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 924 Kali
Berita Terkait

0 Comments