Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 05/12/2019 14:23 WIB

Pertama di Indonesia, Pengawasan Taman Nasional Komodo Gunakan Teknologi Modern

Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo
KUPANG, DAKTA.COM - Pemerintah Nusa Tenggara Timur akan menggunakan aplikasi teknologi digital untuk memantau seluruh aktivitas baik di darat maupun di laut di kawasan Taman Nasional (TN) Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores pada 2020.
 
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu mengatakan, Pemda NTT mengandeng satu perusahan teknologi tinggi dari Singapura untuk melakukan kontrol pengawasan di Taman nasional Komodo dengan menggunakan aplikasi teknologi yang sangat moderen.
 
Menurutnya, teknologi moderen yang digunakan itu mampu mendeteksi berbagai aktivitas semua kapal pesiar, kapal wisata maupun para wisatawan yang datang berwisata di kawasan Pulau Komodo.
 
"Teknologi itu nanti juga mampu mendeteksi aktivitas pencurian ikan, rusa dan perusakan kawasan taman nasional komodo semuanya bisa terpantau dengan baik," tegasnya di Kupang, Kamis (5/12).
 
Marius menegaskan, teknologi digital itu memungkinkan seluruh kawasan terpantau termasuk aktivitas wisatawan saat melakukan menyelam di perairan Komodo sehingga ditargetkan pada 2020 aplikasi teknologi ini akan terpasang di TN Komodo.
 
"Baru pertama kali di Indonesia teknologi itu digunakan di NTT, Kami akan mengelola TN Komodo secara profesional mengikuti pengelolaan taman-taman nasional dunia seperti taman nasional Galapagos dan Taman Nasional di Afrika yang menerapkan sistem aplikasi teknologi tinggi dalam pengawasannya," ujarnya.
 
Ia menambahkan, pemerintah NTT juga akan melakukan pembatasan terhadap kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo, sehingga Pulau Komodo menjadi daerah konservasi serta daerah destinasi wisata yang bermutu tinggi. **
 
Editor :
Sumber : Antara
- Dilihat 1140 Kali
Berita Terkait

0 Comments