Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 04/12/2019 14:20 WIB

Cegah Thalassemia, Cek Darah Sebelum Nikah!

Ilustrasi cek Thalassemia
Ilustrasi cek Thalassemia
CIKARANG, DAKTA.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi mencatat kasus penyakit Thalassemia ada sebanyak 140 di tahun 2019. 
 
Thalassemia merupakan penyakit ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Penyakit yang diturunkan melalui gen ini pun mengharuskan penderitanya untuk melakukan transfusi darah setiap bulan seumur hidupnya. Hal ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Penderita Thalassemia adalah pengguna BPJS Kesehatan nomor 5 terbesar di Indonesia.
 
Kadinkes Kabupaten Bekasi, Sri Enny Maniarty mengatakan pihaknya berupaya mencegah lewat penyuluhan, pemberian edukasi untuk mengantisipasi agar penyakit itu tidak bertambah. 
 
Menurutnya, berdasarkan Hukum Genetika Mendel, peluang anak yang lahir dari orang tua pembawa sifat untuk menderita Thalassemia adalah 25%. Dan hanya 25% pula peluang anak untuk tidak mendapat gen Thalassemia. 50% lainnya adalah peluang anak untuk menjadi pembawa sifat.   
 
"Untuk itu satu-satunya cara untuk menekan laju pertumbuhan penyakit ini adalah menghindari pernikahan dengan sesama pembawa sifat gen Thalassemia. Itulah sebabnya ia sangat menganjurkan kepada pasangan yang akan menikah agar dilakukan screening terlebih dahulu," katanya di Cikarang, Rabu (4/12).
 
Pihaknya juga terus memfasilitasi terkait pencegahan maupun penanganan dalam menekan angka penyakit thalassemia.
 
Enny menambahkan, selain thalassemia, kasus pendarahan ibu bersalin juga menjadi perhatian Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, oleh karena itu ketersediaan kantong darah terus disiapkan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) agar dua penyakit itu bisa ditekan resikonya.
 
"Dalam rangka mewujudkan kesehatan bersama, perlu keterlibatan semua pihak agar berkolaborasi dan berintegerasi, baik dari semua lapisan masyarakat, intra sektor, dan swasta," pungkasnya. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 529 Kali
Berita Terkait

0 Comments