Nasional /
Follow daktacom Like Like
Senin, 02/12/2019 15:04 WIB

DPR Dorong Pengembangan Wisata Ekonomi Hijau

Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifah
Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifah
JAKARTA, DAKTA.COM - Anggota Komisi X DPR RI, Ledia Hanifa Amaliah mendorong pelaku usaha industri pariwisata nasional di berbagai daerah perlu untuk lebih giat lagi dalam menggalakkan penerapan konsep wisata ekonomi hijau dalam rangka mewujudkan sektor pariwisata yang berkualitas di Tanah Air.
 
"Tren industri dunia saat ini tengah memopulerkan konsep green economy, ekonomi hijau, di mana suatu kegiatan industri tidak hanya memberi nilai ekonomi bagi negara melalui pertambahan devisa, tetapi sekaligus juga ramah lingkungan serta berkeadilan sosial," katanya dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (2/12).
 
Politisi PKS itu mengatakan, hal itu juga selaras dengan peningkatan pengalaman wisata berkualitas yang diusung menjadi salah prioritas Kementerian Pariwisata ke depannya.
 
Dengan menerapkan pariwisata berkelanjutan, maka dampaknya diharapkan selain meningkatkan kepuasan pengalaman wisata juga meningkatkan SDM terampil, diversifikasi produk dan jasa, serta adopsi teknologi.
 
"Wisatawan masa kini ketika mendatangi suatu destinasi tak sekadar ingin mendapatkan kepuasan pengalaman dari indahnya tempat atau bersejarahnya bangunan, tetapi sekaligus juga menuntut kepastian keamanan, kenyamanan, kebersihan, serta lingkungan yang terjaga kelestariannya," jelasnya.
 
Menurutnya, Indonesia sudah memiliki modal dasar dalam hal kekayaan jumlah destinasi wisata yang sangat indah dan atau bersejarah.
 
"Peningkatan dan pemeliharaan sarana dan prasana juga terus dilakukan, didukung dengan anggaran kementerian yang semakin meningkat. Namun peningkatan SDM bidang pariwisata dan penerapan konsep ekonomi hijau ini yang nampaknya masih memerlukan kerja keras Pak Menteri dan jajarannya," ucap Ledia. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 541 Kali
Berita Terkait

0 Comments