Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 02/12/2019 09:39 WIB

Pelajar Antusias Ikuti Pelayaran Edukasi Maritim dengan Kapal Pinisi

Pelajar mengikuti pelayaran edukasi maritim dengan kapal pinisi
Pelajar mengikuti pelayaran edukasi maritim dengan kapal pinisi
MAKASSAR, DAKTA.COM - Yayasan Konservasi Laut (YKL) Indonesia bersama Pinisi Pusaka Indonesia (PPI) mengadakan perjalanan Edukasi Maritim di Pulau Kodingareng Keke, Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar, Kamis (28/11/2019) lalu. Kegiatan edukasi laut itu sudah masuk gelombang keempat.
 
Sebanyak 100 siswa SMA sederajat antusias ikut berlayar menggunakan kapal pinisi dalam kegiatan trip perdana yang digelar, Selasa (22/10). Peserta trip penjelajahan pulau, pesisir, dan bawah laut dibagi empat gelombang. Setiap trip diikuti 25 siswa. Terakhir ini yang berkesempatan ikut adalah siswa SMKN 8 Makassar.
 
Setiap trip yang berdurasi 7 jam, peserta disuguhi dengan beragam kegiatan yang bernuasa Edukasi Kemaritiman dan Konservasi Laut sesuai dengan tema yang diusung penyelenggara.
 
Beberapa diantaranya seperti pengenalan kapal traditional Pinisi, pengenalan lingkungan laut khususnya ekosistem terumbu karang, kampanye sampah plastik di laut, aksi bersih pantai, belajar mengidentifikasi biota laut dengan snorkeling, navigasi tradisonal dan kunjungan di museum Lantamal VI.
 
Direktur YKL Indonesia, Nirwan Dessibali sebagai penanggung jawab program menyampaikan kegiatan Edukasi Maritim kepada pelajar ini merupakan bagian dari Program Pesona Pinisi yang memiliki tiga pilar utama, yaitu edutainment, wisata berkelanjutan, dan Konservasi Lingkungan Laut dengan tagline Merajut Kasih, Merawat Bumi, Mencintai Laut.
 
"Sasaran umum dari program ini adalah untuk menumbuh kembangkan pemahaman pelajar tentang budaya maritim Sulawesi Selatan dengan Kapal Pinisi sebagai media belajar dan informasi, konservasi laut dan menciptakan destinasi wisata pulau yang berkelanjutan," jelas Nirwan, dalam keteranganya yang diterima, Senin (2/12).
 
Nirwan menambahkan, dalam setahun pihaknya menargetkan sebanyak 96 trip yang akan melibatkan pelajar tingkat SD, SMP dan SMA se-Kota Makassar. Jumlah ini yang paling visible dapat dilakukan dengan pertimbangan kapasitas kapal, musim angin dan lain sebagainya. **
 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 2007 Kali
Berita Terkait

0 Comments