Internasional / Amerika /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 05/08/2015 11:57 WIB

PBB Ajak Donor Sumbang 100 Juta Dolar AS Untuk Pengungsi Palestina

Seorang anak Palestina berjalan di depan sekolah PBB
Seorang anak Palestina berjalan di depan sekolah PBB

NEW YORK_DAKTACOM:  Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon menyeru donor menyumbang 100 juta dolar AS untuk badan urusan bantuan dan pengungsi Palestina (United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees/UNRWA) supaya anak-anak Palestina dapat bersekolah lagi.

"Sekretaris Jenderal, yang secara pribadi telah berbicara dengan beberapa pemimpin dunia dalam beberapa pekan terakhir mengenai masalah ini, menyeru semua donor segera menjamin dana 100 juta dolar AS disumbangkan ke UNRWA sesegera mungkin supaya anak-anak Palestina bisa memulai tahun ajaran 2015-2016 tanpa penundaan," demikian isi pernyataan yang dikeluarkan oleh juru bicara Sekretaris Jenderal PBB, Selasa (4/8).

Ban juga menyampaikan keprihatinan yang mendalam mengenai situasi keamanan yang dihadapi UNRWA dan menekankan peran penting lembaga tersebut.

Ia juga prihatin dengan masalah finansial yang dihadapi badan itu serta dampaknya terhadap kondisi kemanusiaan, politik dan keamanan jika pembiayaan mencukupi dan berlanjut selama 2015 dan sesudahnya tidak segera tersedia.

Ban menekankan bahwa saat krisis dan penderitaan manusia merebak di seluruh Timur Tengah, penting bahwa untuk UNRWA, pilar kestabilan bagi lima juta pengungsi Palestina yang terdaftar, mendapat sumber daya yang diperlukan untuk melanjutkan penyediaan berbagai layanan termasuk pendidikan bagi serengah juta anak pengungsi Palestina.

Pemimpin PBB kembali menyampaikan dukungan penuhnya terhadap usul Komisaris Jenderal UNRWA guna memastikan ada perhatian segera pada besarnya masalah yang timbul akibat masalah finansial badan itu pada 2015 dan menangani masalah pendanaan kronis lembaga itu tahun 2016 dan selanjutnya.

UNRWA menyediakan bantuan kemanusiaan, pengembangan sumber daya manusia, perlindungan dan advokasi bagi lima juta pengungsi Palestina yang terdaftar dan tinggal di Tepi Barat Sungai Jordan, Jalur Gaza, Suriah, Lebanon serta Yordania.

Hampir 98 persen dana UNRWA berasal dari sumbangan suka-rela dan sumbangan lain dari perorangan dan organisasi swasta, kata jejaring organisasi tersebut seperti dilansir kantor berita Xinhua.***

Editor :
Sumber : ANTARANews
- Dilihat 578 Kali
Berita Terkait

0 Comments