Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 29/11/2019 13:51 WIB

Bakesbangpol dan FKDM Kabupaten Bekasi Jalin Sinergitas Keamanan

Talkshow Radio Dakta bersama Badan Kesbangpol Kabupaten Bekasi (29/11) [Foto : Asiyah/Dakta]
Talkshow Radio Dakta bersama Badan Kesbangpol Kabupaten Bekasi (29/11) [Foto : Asiyah/Dakta]
CIKARANG, DAKTA.COM - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bekasi berperan menjaga ketertiban dan stabilitas keamanan di wilayahnya.
 
Berbagai upaya dan sosialisasi terus dilakukan, salah satunya membentuk forum-forum untuk bersinergi sebagai penyalur pengaduan masyarakat, seperti Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).
 
Ketua FKDM Kabupaten Bekasi, Rahmat Bariji mengatakan pihaknya melakukan monitoring ke desa-desa untuk memastikan stabilitas keamanan dari tindakan kriminalitas, teroris, hingga berpaham radikalisme.
 
"Ancaman terorisme ada di Kabupaten Bekasi, apalagi daerah yang rawan itu Tambun Selatan karena padat penduduk. Selain itu paham-paham radikalisme juga sudah mulai berkembang tapi belum timbul ke permukaan," ucapnya dalam Dialog Interaktif bersama Dakta di Plaza Pemkab Bekasi, Jumat (29/11).
 
Ia mencontohkan, paham-paham radikalisme yang berkembang di masyarakat itu seperti intoleransi dan tidak mau mengakui Pancasila.
 
Menurutnya, selain mengantisipasi tindakan terorisme, FKDM Kabupaten Bekasi juga berfungsi untuk menjembatani masyarakat yang ingin mengadu kepada instansi terkait yang nantinya akan disampaikan oleh FKDM sehingga proses penyelesaiannya lebih cepat.
 
"Kami menerima aduan dari persoalan sosial, budaya, ekonomi, hingga kebencanaan. Selanjutnya kita tindaklanjuti ke unsur terkait," paparnya.
 
Sementara itu, Kabid Ketahanan Masyarakat dan Penanganan Konflik Bakesbangpol Kabupaten Bekasi, Jamaluddin Banyal mengatakan sejauh ini sosialisasi terhadap kewaspadaan terorisme dan radikalisme terus digalakkan.
 
"Kami adakan ke sekolah-sekolah, majelis taklim, ormas, komunitas, dan sebagainya untuk mengantisipasi paham tersebut berkembang," tuturnya.
 
Meski segala antisipasi dilakukan, ia mengaku, wilayah Kabupaten Bekasi terbilang aman dari konflik-konflik keagamaan.
 
"Kita pastikan Kabupaten Bekasi aman. Karena kita selalu menjalin komunikasi dan melibatkan tokoh masyarakat untuk selalu menjaga keamanan dan kondusivitas," imbuhnya. ** [ASY]
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 326 Kali
Berita Terkait

0 Comments