Oase Iman /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 24/11/2019 10:43 WIB

Jumlah Pintu Surga

Ilustrasi taman yang indah
Ilustrasi taman yang indah
DAKTA.COM - Nabi shallallahu’alaihi wa sallam menjelaskan bahwa jumlah pintu surga ada delapan. Sahabat Sahl bin Sa’ad radhiyallahu’anhu, mengabarkan hadis dari Nabi shallallahu’alaihi wa sallam,
 
“Di Surga ada delapan pintu, di antaranya ada yang dinamai : pintu Ar Royan, tak ada yang memasukinya kecuali orang-orang yang berpuasa.” (HR. Bukhori)
 
Kemudian ada pembahasan di kalangan para ulama, delapan ini maksudnya pembatasan jumlah, artinya pintu surga hanya ada delapan buah, atau delapan ini pintu utama, sehingga masih banyak pintu-pintu surga lainnya?
 
Dua hadis di bawah ini bisa menjawab kajian di atas :
 
[1] Hadis Abu Hurairah radhiyallahu’anhu.
 
Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam mengabarkan, "Setiap amal kebaikan ada pintunya di antara pinti-pintu surga. Mereka akan dipanggil ke sebuah pintu surga dengan nama amalnya." (HR. Ahmad 9799, sanadnya dinilai shahih oleh Al Hafidz Ibnu Hajar dalam Fathul Bari)
 
[2] Hadis Anas bin Malik radhiyallahu’anhu.
 
Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, "Siapa yang berwudhu kemudian memperbagus wudhunya, kemudian dia mengucapkan doa ini tiga kali: Asy hadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah, wa asy hadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh. Melainkan akan dibukakan untuknya delapan pintu surga, kemudian dia dipersilahkan masuk melalui pintu manapun.” (HR. Muslim 234)
 
Kedua hadis di atas tampaknya memberikan informasi yang berbeda. Namun, tak ada yang kontradiksi dalam syariat Allah yang maha sempurna, ini prinsip yang tidak bisa ditawar.
 
Hadis-hadis di atas sangat mungkin dikompromikan. Sehingga kesimpulan yang bisa ditarik bahwa delapan pintu tersebut maksudnya pintu utama, dan masih banyak pintu-pintu yang lain.
 
Imam Qurtubi rahimahullah berdalil dengan hadis setiap amal sholih ada pintu surganya, bahwa delapan pintu itu adalah pintu utama atau pintu intinya, Ini menunjukkan bahwa pintu surga lebih dari delapan.
 
Demikian pula yang disimpulkan oleh Imam Ibnu Hajar Al ‘Asqolani,
 
Bisa jadi maksud pintu-pintu itu adalah pintu-pintu utamanya surga. Karena amal sholih jumlahnya lebih dari delapan. Wallahua’lam. (Fathul Bari, 7/28)
 
Imam Ibnul Qoyyim juga menerangkan, ;intu-pintunya ada delapan. Seperti yang dijelaskan dalam dalil. Diperuntukkan bagi orang-orang yang baik.
 
Pintu puasa, yang disebut sebagai pintu Ar Royyan. Kemudian pintu jihad itulah pintu yang paling mulia.
 
Dan bagi setiap orang yang berjuang beramal kebajikan, ada pintu yang disiapkan, untuk mereka masuki dengan penuh aman.
 
Oleh Ustadz Ahmad Anshori (Alumni Universitas Islam Madinah, Pengajar di PP Hamalatul Qur’an Yogyakarta).
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Konsultasisyariah.com
- Dilihat 1821 Kali
Berita Terkait

0 Comments