Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 22/11/2019 15:06 WIB

Jangan Dianggap Sepele, Ini Penyebab Buang Air Besar Berdarah

Bincang Kesehatan bersama Dr. Febian Aji Wicaksono SpB dari RS Citra Harapan
Bincang Kesehatan bersama Dr. Febian Aji Wicaksono SpB dari RS Citra Harapan
BEKASI, DAKTA.COM - Anda pernah merasakan perdarahan yang keluar saat buang air besar (BAB)? Keadaan seperti itu jangan dianggap sepele lalu cepat disimpulkan sebagai wasir atau hemoroid saja. Sebab dampaknya bisa mengkhawatirkan.
 
Menurut, dr. Febian Aji Wicaksono SpB dari RS Citra Harapan, ada beberapa penyebab terjadinya buang air besar berdarah yang perlu diwaspadai sejak dini. Karena penyebab BAB berdarah menjadi salah satu indikasi terjadinya kanker usus ataupun permasalahan saluran cerna lainnya.
 
dr. Febian menjelaskan beberapa penyebab terjadinya BAB berdarah di antaranya wasir, varises esofagus, dan ulkus gaster atau disebut dengan tukak lambung.
 
Varises esofagus adalah terjadinya distensi vena submukosa yang diproyeksikan ke dalam lumen esofagus pada pasien dengan hipertensi portal yang paling sering disebabkan oleh sirosis hepar. 
 
"Sekitar 50% pasien dengan sirosis akan terbentuk varises esofagus, dan sepertiga pasien dari varises akan terjadi perdarahan," jelasnya dalam Bincang Kesehatan di Radio Dakta, Jumat (22/11).
 
Kemudian, Tukak lambung adalah luka yang ada pada lapisan lambung atau duodenum. Beberapa penyebabnya adalah infeksi oleh bakteri Helicobacter pylori.
 
Selain itu pengobatan jangka panjang antiinflamasi (kortikosteroid, analgetik (obat pereda nyeri), maupun obat asam urat dapat menyebabkan luka pada lambung dan duodenum.
 
Selain itu, wasir atau hemoroid yang merupakan keadaan dimana pembuluh darah yang terletak di sekitar anus membengkak. Ada dua jenis, yaitu hemoroid internal dan hemoroid external. 
 
"Pasien biasanya mengeluh keluar benjolan saat BAB disertai darah. Terkadang benjolan masuk sendiri atau dimasukan menggunakan tangan," paparnya.
 
Ia menyarankan untuk mengantisipasi BAB berdarah harus menjaga pola makan, seperti mengonsumsi makanan yang kaya serat. 
 
Rekan yang ingin berkonsultasi seputar BAB berdarah ataupun melakukan pengobatan lainnya dapat datang langsung ke RS Citra Harapan di Jl. Harapan Indah Raya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1288 Kali
Berita Terkait

0 Comments