Nasional /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 16/11/2019 11:33 WIB

Gempa M 7,1 Maluku Utara: 36 Bangunan Rusak, 3 Orang Luka-luka

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Agus Wibowo
Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Agus Wibowo
JAKARTA, DAKTA.COM - Gempa bumi Magnitudo 7,1 mengguncang Maluku Utara pada Kamis 14 November 2019 lalu. Hingga hari ini dilaporkan sejumlah orang mengalami luka-luka dan sejumlah bangunan mengalami kerusakan.
 
"Berdasar pantauan dari Pusdalops BNPB terdapat penambahan bangunan rusak dari 19 unit bangunan rusak ringan menjadi 36 unit bangunan rusak ringan. Gempa selain menimbulkan kerusakan di Maluku Utara juga menyebabkan kerusakan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo dalam keterangannya, Sabtu (16/11/2019).
 
Agus menjelaskan di Pulau Batang Dua, Kota Ternate, Maluku Utara, tercatat ada 3 orang luka ringan. Sementara itu ada 33 unit bangunan yang mengalami rusak ringan.
 
Pulau Batang Dua cukup parah terdampak karena lokasinya terletak di dekat pusat gempa. Ketiga korban tersebut berasal dari Kecamatan Batang dua, masing-masing adalah warga kelurahan Mayau Delvi Peo (18) dan Delfita Bunga serta warga Desa Lelewi bernama Mesin Bunga (17).
 
"Korban luka-luka disebabkan tertimpa batu bata dari dinding yang jatuh," ujar Agus.
 
Kerusakan di Kecamatan Batang Dua, lanjut Agus, masuk pada kategori rusak ringan. Kerusakan masing-masing 28 unit rumah warga, 3 gereja, 1 Sekolah SMAN 11, 1 unit gedung Bank Perkreditan Rakyat.
 
Sementara itu, di Kabupaten Minahasa Tenggara Kantor Badan Keuangan Daerah juga mengalami kerusakan. Lalu di Kabupaten Minahasa terpantau ada 2 unit rumah yang mengalami kerusakan.
 
"BPBD bekerja sama dengan TNI, Polri, dinas terkait dan relawan masih terus melakukan pendataan dan pemantauan di lapangan. Masyarakat diimbau tetap tenang dan mendengarkan informasi dari sumber yang resmi, yaitu BMKG atau BPBD setempat," ujar Agus.
Editor : Dakta Administrator
Sumber : detikcom
- Dilihat 1135 Kali
Berita Terkait

0 Comments