Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 14/11/2019 16:28 WIB

Tak Masalah Merantau, Karena Punya Jaminan Kesehatan

Via Lestari
Via Lestari

BEKASI, DAKTA.COM - Menjadi mahasiswa di perantauan tentulah harus bisa menjaga kesehatan secara mandiri, selain faktor jauh dari orang tua tentu faktor kesibukan di perkuliahan membuat seseorang tidak memperhatikan gizi dari apa yang dimakan, sehingga juga mempengaruhi kesehatan kita, oleh karena itu tak jarang bila kita bisa jatuh sakit karena tidak bisa menjaga kondisi fisik kita di kota perantauan.

 

Via Lestari salah satunya, mahasiswi dan juga peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) asal Kota Bekasi ini merantau ke Kota Semarang demi menuntut ilmu.

 

“Saya bersyukur menjadi peserta program ini, bisa berobat secara gratis ke klinik. Karena jauh dari orang tua, menuntut kita untuk serba mandiri, pola makanan yang sembarangan dan rutinitas yang cukup banyak di perkuliahan juga merupakan faktor bisa jatuh sakit,” jelasnya.

 

Via bercerita dahulu ketika ia memindahkan FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) di kantor BPJS Kesehatan Kota Bekasi ke Semarang sangat mudah dan cepat. Dirinya menceritakan bahwa dirinya paham harus memindahkan faskesnya sehingga sebelum berangkat ke Semarang dirinya datang ke Kantor BPJS Kesehatan.

 

“Enggak susah kok, tinggal dateng aja ke kantor pelayanan yang ada di bekasi, disana juga  pelayanan yang diberikan ke saya juga sangat ramah, saya diberi tahu prosedur pemindahan faskes dan saya dikenalkan juga Aplikasi Mobile JKN yang ternyata bisa untuk merubah faskes. Tentu dengan adanya hal ini, enggak membuang waktu untuk antre di kantor pelayanan,” jabarnya.

 

Lebih lanjut Via menuturkan bahwa ia sangat berterimakasih dengan sekian banyak kemudahan yang ia dapatkan dari Program Jaminan Kesehatan (JKN). Dirinya juga mengatakan bahwa dengan hadirnya Aplikasi Mobile JKN maka program ini berjalan lebih baik dan transparan karena kita bisa memantau status kepesertaan kita.

 

“Dengan adanya Program JKN-KIS ini membantu kita mahasiswa yang merantau, karena hidup jauh dari orang tua mengharuskan kita untuk mandiri dalam segala hal terlebih juga masalah menjaga jaminan kesehatan, saya yang merantau sangat-sangat merasakan manfaat dari program ini disaat saya sudah mulai ada gejala-gejala sakit, saya langsung ke klinik aja untuk berobat,” tutup Via. (Adv)

 

Reporter :
Editor :
- Dilihat 733 Kali
Berita Terkait

0 Comments