Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 19/03/2015 11:05 WIB

Pemkab Serdang Bedagai Tanamkan Peduli Lingkungan Pada Pelajar

Sumatera Utara_Daktacom: Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, mendorong pihak sekolah agar mengenalkan pemahaman tentang lingkungan kepada anak didik sehingga kecintaan akan kelestarian alam tumbuh sejak usia dini. 
 
"Salah satunya yang dapat dilakukan Pemkab untuk lebih mengenalkan lingkungan hidup kepada siswa adalah dengan melalui program Adiwiyata," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sergai Haris Fadillah di Seirampah, Kamis.
 
Program Aadiwiyata adalah salah satu cara mengenalkan lingkungan hidup sejak dini kepada generasi penerus bangsa dengan mengajak keterlibatan sekolah mulai dari tingkat dasar sampai atas.
 
Hal itu dilakukan dengan tujuan agar anak didik terbiasa untuk berperilaku dan berbudaya ramah lingkungan serta peduli terhadap pelestarian lingkungan.
 
Menurut dia, Adiwiyata dapat menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah sehingga turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup guna pembangunan yang berkelanjutan.
 
Kegiatan utama program Adiwiyata adalah mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar hingga menengah.
 
Program ini seharusnya bisa memberikan sebuah arahan yang tepat bagi semua komunitas sekolah sehingga dapat tercipta kondisi lingkungan yang baik serta dapat meningkatkan kondisi belajar mengajar yang nyaman, kondusif bagi sekolah maupun masyarakat di luar lingkungan sekolah.
 
Pada tahun 2015 ada tujuh sekolah yang lolos menjadi sekolah berpredikat Adiwiyata Nasional, dan dari ke-7 sekolah tersebut telah disusun 72 sekolah untuk dibina. 
 
Kedepannya agar sekolah adiwiyata yang telah berhasil mencapai tingkat nasional dapat menularkan prinsip-prinsip Adiwiyata kepada sekolah binaannya sehingga bukan hanya penghargaan yang diperoleh, akan tetapi juga bonus berupa terciptanya lingkungan hidup yang baik.
 
"Dibutuhkan kerja keras dan kerja sama dari semua pihak, Dinas Pendidikan maupun swasta termasuk tokoh-tokoh lingkungan hidup yang berintegrasi dan bersinergi untuk meningkatkan pelestarian lingkungan," katanya.
 
Editor: Ayu Yunita
 
Editor :
Sumber : ANTARA News
- Dilihat 1173 Kali
Berita Terkait

0 Comments