Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 13/11/2019 08:26 WIB

Kota Bekasi Miliki Kapal Pembersih Sungai

Wakil Walikota Bekasi, Dr. Tri Adhianto saat penyerahan kapal pembersih di Hotel Pullman Jakarta
Wakil Walikota Bekasi, Dr. Tri Adhianto saat penyerahan kapal pembersih di Hotel Pullman Jakarta
JAKARTA, DAKTA.COM - Salah satu isu yang tengah menjadi perhatian Pemerintah Indonesia saat ini adalah terkait limbah sampah di sungai. Isu ini juga menjadi salah satu permasalahan yang terjadi di sungai yang ada di Kota Bekasi, pencemaran limbah sampah kian menjadi momok yang menakutkan bagi keberlangsungan ekosistem sungai yang ada.
 
Terkait isu tersebut kini Kota Bekasi memiliki kapal pembersih sungai yang dinamakan SeeHamster, wujud kerjasama antara Pemkot Bekasi dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup dan Waste4Change, One Earth One Ocean, Reset Plastic, Green Cycle.
 
Kota Bekasi menjadi pilot project dari penggunaan kapal pembersih sungai.
 
“Kami Waste4Change bersama One Earth One Ocean, Reset Plastic, Green Cycle, memberikan kapal pembersih sungai kepada Pemkot Bekasi. Ini merupakan kerjasama yang baik dan diharapkan dengan adanya kapal ini dapat meminimalisir dampak dari pencemaran limbah sampah plastik di sungai. Kota Bekasi menjadi pilot project," ujar Faris.
 
 SeeHamster, kapal pembersih sungai Kota Bekasi
 
Sementara Wakil Walikota Bekasi, Dr. Tri Adhianto mengatakan aktivitas bersih-bersih sungai nantinya akan fokus pada daerah aliran sungai Kali Bekasi. Namun Tri berharap dan diupayakan saat ini adalah bagaimana mencegah langsung pada sumbernya agar sampah tidak dibuang ke aliran sungai, dengan menciptakan kesadaran akan lingkungan.
 
"Akan dioperasikan pada pembersihan daerah aliran sungai kali Bekasi. Kita sadari pencemaran sampah di Kota Bekasi di tiap harinya mencapai 1800 ton, dengan adanya kapal ini nantinya akan difokuskan pada pembersihan kali Bekasi. Selama ini pembersihan sampah di kali Bekasi hanya dilakukan secara manual. Dengan adanya bantuan ini maka akan mempermudah kita untuk pembersihan," kata Wakil Walikota Bekasi, Dr. Tri Adhianto.
 
Ia juga mengatakan masyarakat sendiri harus ada rasa kesadaran yang tinggi untuk bersama menjaga kebersihan sungai. Saat ini di musim penghujan adanya kiriman sampah dari daerah hulu sangat banyak, dengan adanya kapal ini menjadi antisipasi kita dalam penanganan sampah yang ada di kali Bekasi.
 
Penyerahan Kapal pembersih sungai berlangsung di Hotel Pullman Jakarta (12/11). Hadir pada acara tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi.
 
Kota Bekasi mendapatkan tiga buah kapal, dan nantinya kapal tersebut akan disiagakan di Bendungan Prisdo Kota Bekasi.
 
Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 1570 Kali
Berita Terkait

0 Comments