Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 12/11/2019 08:12 WIB

Pemkab Bekasi Didesak Tingkatkan Honor Pelaku Seni

Seni pedalangan wayang
Seni pedalangan wayang
CIKARANG, DAKTA.COM - DPRD Kabupaten Bekasi mendesak Pemkab Bekasi meningkatkan honor bagi pelaku seni dan budaya.
 
Hal ini berkaitan dengan adanya wacana pengembangan destinasi wisata yang dilakukan oleh pemerintah daerah.
 
Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Bekasi, Danto mengatakan dengan adanya pengembangan wisata yang dilakukan Pemkab Bekasi, dimana 5 situ akan dijadikan sebagai destinasi wisata dan tempat pertunjukan seni budaya, maka pelaku seni perlu diberikan honor sehingga menjadi stimulus bagi mereka untuk tetap melestarikan budaya dan kesenian.
 
Selain itu, Pemkab Bekasi juga diminta menginventarisir para pelaku seni kebudayaan.
 
Danto yang juga merupakan pelaku seni pedalangan ini mengaku telah meminta agar pihaknya lebih diperhatikan, tetapi Pemkab Bekasi beralasan anggarannya tidak ada dan hanya diberikan honor Rp40 ribu dan belum dipotong pajak.
 
"Pemberian anggaran itu harus ada payung hukumnya yang mengatur, bupati seharusnya bisa mengeluarkan minimal perbup," ucapnya di Cikarang, Senin (11/11).
 
Sebagai Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Bekasi, Danto menyebut perhatian pemerintah daerah terhadap seni masih minim, terbukti dengan tidak adanya perhatian terhadap Hari Wayang Sedunia pada 29 November.
 
"Padahal daerah lain menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam peringatan Hari Wayang Sedunia, apalagi wayang juga sudah ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO," katanya. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1120 Kali
Berita Terkait

0 Comments