Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 07/11/2019 16:24 WIB

Tahun Depan, Fast Track Haji Diuji Coba di Surabaya

Jemaah haji gelombang kedua yang akan berangkat dari Asrama Haji Pondok Gede
Jemaah haji gelombang kedua yang akan berangkat dari Asrama Haji Pondok Gede
JAKARTA, DAKTA.COM - Dirjen Pelaksanaan Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar Ali berupaya akan menerapkan proses fast track pemberangkatan jamaah haji tahun depan di sejumlah kota-kota besar. 
 
Nizar mengungkapkan program fast track yang telah diterapkan di Jakarta mampu memotong waktu tunggu keberangkatan. 
 
"Itu sangat efektif, karena kita bisa memangkas masa tunggu jemaah ketika di Arab Saudi hingga 4-5 jam. Kita akan kembangkan tidak hanya di Jakarta," ungkap Nizar di sela-sela rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI, Kamis (7/11).
 
Nizar menunjuk penerapan fast track ini akan dilakukan di Surabaya pada tahun depan agar pemberangkatan jamaah haji akan lebih efektif dan tidak menumpuk. 
 
"Kita nanti akan lihat dulu infrastruktur yang ada di bandara, lalu ke dua tenaga orang Arab Imigrasi itu kan tidak sedikit 40-50 orang," imbuhnya. 
 
Sementara untuk rekam biometrik, pada tahun depan tidak akan menjadi persyaratan khusus bagi jamaah dan bisa dilakukan ketika sudah tiba di tanah suci agar tidak menghambat proses pemberangkatan.
 
"Sekarang biometrik sudah tidak menjadi syarat visa lagi. Biometrik bisa dilakukan sebelum pemberangkatan atau sebelum check in," tutupnya. **

 

Reporter : Boy Aditya
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 307 Kali
Berita Terkait

0 Comments