Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 05/11/2019 16:42 WIB

Kenali Pengusaha Kena Pajak Berisiko Rendah

Bincang Publik bersama Kanwil DJP Jawa Barat III tentang Pengusaha Kena Pajak Berisiko Rendah
Bincang Publik bersama Kanwil DJP Jawa Barat III tentang Pengusaha Kena Pajak Berisiko Rendah
BEKASI, DAKTA.COM - Pengusaha Kena Pajak (PKP) Berisiko Rendah merupakan Pengusaha Kena Pajak yang melakukan kegiatan tertentu dan ditetapkan sebagai Pengusaha Kena Pajak Berisiko Rendah yang dapat diberikan Pengembalian Pendahuluan atas kelebihan pembayaran Pajak Pertambahan Nilai pada setiap Masa Pajak.
 
Tenaga Penyuluh Perpajakan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat III, Bayu Aji mengatakan PKP Berisiko Rendah mendapatkan Fasilitas untuk memperoleh Pengembalian Pendahuluan.
 
Adapun Pengusaha Kena Pajak yang dimaksud meliputi:
a. Perusahaan yang sahamnya diperdagangkan di bursa efek di Indonesia;
b. Perusahaan yang saham mayoritasnya dimiliki secara langsung oleh pemerintah pusat dan/atau pemerintah daerah;
c. Pengusaha Kena Pajak yang telah ditetapkan sebagai Mitra Utama Kepabeanan sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri Keuangan yang mengatur mengenai Mitra Utama Kepabeanan;
d. Pengusaha Kena Pajak yang telah ditetapkan sebagai Operator Ekonomi Bersertifikat (Authorized Economic Operator) sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri Keuangan yang mengatur mengenai Operator Ekonomi Bersertifikat (Authorized Economic Operator);
e. Pabrikan atau produsen selain Pengusaha Kena Pajak sebagaimana dimaksud dalam huruf a sampai dengan huruf d, yang memiliki tempat untuk melakukan kegiatan produksi; atau
f. Pengusaha Kena Pajak yang memenuhi persyaratan tertentu.
 
Bayu Aji menjelaskan, kegiatan tertentu pengusaha tersebut meliputi, ekspor Barang Kena Pajak yang Berwujud penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau penyerahan Jasa Kena Pajak kepada Pemungut Pajak Pertambahan Nilai.
 
Kemudian penyerahan dan/atau penyerahan Jasa Kena Pajak yang Pajak Pertambahan Nilainya tidak dipungut, ekspor Barang Kena Pajak Tidak Berwujud; dan/atau ekspor Jasa Kena Pajak.
 
Untuk dapat ditetapkan sebagai Pengusaha Kena Pajak Berisiko Rendah, Pengusaha Kena Pajak mengajukan permohonan ke KPP tempat Pengusaha Kena Pajak dikukuhkan.
 
"Permohonan tersebut harus dilampiri dengan kelengkapan dokumen seperti lampiran surat penetapan sebagai Mitra Utama Kepabeanan, untuk pabrikan atau produsen, dilampiri surat penyataan mengenai keberadaan tempat untuk melakukan kegiatan produksi, dan lainnya," ucap Tenaga Penyuluh Perpajakan Kanwil DJP Jawa Barat III, Hanifa Az Zahra.
 
Keputusan penetapan Pengusaha Kena Pajak Berisiko Rendah mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan sampai dengan dilakukan pencabutan penetapan oleh Direktur Jenderal Pajak.
 
Pencabutan keputusan penetapan Pengusaha Kena Pajak Berisiko Rendah dilakukan dalam hal Pengusaha Kena Pajak jika dipidana karena melakukan tindak pidana di bidang perpajakan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.
 
"Pengusaha Kena Pajak yang telah dicabut penetapannya sebagai Pengusaha Kena Pajak Berisiko Rendah dapat mengajukan kembali permohonan penetapannya," jelas Hani. **
 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1350 Kali
Berita Terkait

0 Comments