Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 05/11/2019 16:23 WIB

Permintaan Kantong Darah di Bekasi Terus Meningkat

Humas P2D2S PMI Kota Bekasi, Liza Nodya Chintadini
Humas P2D2S PMI Kota Bekasi, Liza Nodya Chintadini
BEKASI, DAKTA.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi menyebut permintaan kantong darah di Kota Bekasi meningkat setiap bulannya.
 
Humas Pencarian Pelestarian Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Kota Bekasi, Liza Nodya Chintadini mengatakan saat ini jumlah pendonor sebenarnya cukup stabil, tetapi karena kebutuhan permintaan pasien meningkatkan setiap bulannya jadi PMI membutuhkan pendonor lebih banyak lagi.
 
"Awalnya hanya sekitar 2.600, tetapi sekarang meningkat menjadi 4 ribu perkantong setiap bulannya. Tapi hingga bulan ini PMI Kota Bekasi baru mencapai sekitar 3.100 kantong," ungkapnya di sela-sela kegiatan Donor Darah Radio Dakta, Selasa (5/11).
 
Ia mengaku, untuk memenuhi kebutuhan kantong darah, PMI Kota Bekasi melakukan sosialisasi melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook. 
 
Selain itu, PMI Kota Bekasi juga melestarikan mereka yang merupakan pendonor rutin. "Sedangkan bagi pendonor baru kita share lagi manfaatnya jika mendonorkan darah dan kita infokan kebutuhan kantong yang terus bertambah," imbuhnya.
 
Sementara itu, biaya perkantong darah dari PMI dibebankan kepada pasien, karena kegiatan donor darah juga membutuhkan biaya seperti pemeriksaan darah, scining, cek jarum, goodie bag untuk pendonor.
 
"Perkantongnya dibebankan ke pasien sebesar Rp360 ribu berdasarkan ketetapan WHO," ujarnya.
 
Masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya bisa datang langsung ke kantor PMI Kota Bekasi, Jalan Pramuka, Kelurahan Margajaya, Bekasi Selatan setiap hari atau ke Radio Dakta yang digelar setiap tiga bulan. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 411 Kali
Berita Terkait

0 Comments