Internasional / Asia /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 31/07/2015 16:42 WIB

Mullah Akhtar Mansour Gantikan Mullar Omar Sebagai Pemipin Thaliban

Mullah Muhammad Omar
Mullah Muhammad Omar

KABUL_DAKTACOM: Taliban telah menunjuk Mullah Akhtar Mansour sebagai pemimpin baru gerakan ini, sehari setelah kelompok pemberontak Afghanistan ini memastikan kematian Mullah Omar.

"Setelah kematian (Omar) dewan syuro dan majelis pakar Islam negeri ini, setelah melewati konsultasi yang lama, menunjuk sahabat terdekat dan terpercaya yang juga mantan deputinya (Omar), Mullah Akhtar Mansour, sebagai pemimpin," kata Taliban dalam pernyataan lewat posting berbahasa Pashto di lamannya.

Kemarin, pemerintah Afghanistan setelah mengutip sumber-sumber anonim pemerintah dan Taliban menyatakan Mullah Omar telah meninggal dunia tahun lalu di Pakistan.

Taliban sendiri secara resmi belum memastikan kematian pemimpin spiritual mereka yang tak pernah terlihat di publik sejak invasi pimpinan AS ke Afghanistan pada 2001 yang membuat pemerintahan Taliban di Kabul tumbang.

"Pemerintah Republik Islam Afghanistan, berdasarkan informasi yang kredibel, memastikan bahwa Mullah Mohammad Omar, pemimpin Taliban telah meninggal dunia pada April 2013 di Pakistan," umum istana kepresidenan Afghanistan seperti dikutip AFP.

Editor :
Sumber : ANTARANews
- Dilihat 964 Kali
Berita Terkait

0 Comments