Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 01/11/2019 09:55 WIB

Hapus e-Budgeting, Langkah Mundur Transparansi Anggaran

llustrasi penghitungan uang anggaran
llustrasi penghitungan uang anggaran
JAKARTA, DAKTA.COM - Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW), Firdaus Ilyas menilai adanya kemunduran perihal transparansi anggaran yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta. 
 
"Daripada menyalahkan e-budgeting, Pak Anies lebih mengevaluasi kinerja jajaran SKPD di lingkungan Pemprov DKI. Tinggal dicek saja apakah benar tidak mereka mengajukan anggaran ini," papar Firdaus di Jakarta, Jumat (1/11). 
 
Maka dari itu, Firdaus berpendapat langkah Anies yang ingin menghapus sistem e-budgeting akan dipandang sebagai ketakutan Pemprov DKI terhadap pengawasan publik.
 
"Kalau dihapus, itu malah menjadi langkah mundur transparansi anggaran yang sudah cukup baik dilakukan oleh pemerintah sebelumnya," imbuhnya. 
 
Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kejanggalan sejumlah anggaran di Pemprov DKI Jakarta disebabkan adanya kesalahan dalam sistem digital atau sistem elektronik APBD Pemprov DKI. 
 
Sistem e-budgeting ini digagas pada masa pemerintahan Gubernur Joko Widodo yang diharapkan dapat meningkatkan kontrol terhadap pelaksanaan anggaran. 
 
Sistem e-budgeting DKI Jakarta diterapkan mulai dari perencanaan, penganggaran, hingga pengecekan harga. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 307 Kali
Berita Terkait

0 Comments