Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 22/10/2019 15:54 WIB

HSN, Ini Kebiasaan Hidup Sehat di Pesantren

Ilustrasi santri di Pondok Pesantren
Ilustrasi santri di Pondok Pesantren
DAKTA.COM - Hari Santri Nasional (HSN) 2019 jatuh pada 22 Oktober. Seorang santri di lingkungan pesantren diajarkan untuk menerapkan pola hidup sehat karena menjadi hal penting bagi setiap manusia. Bukan rahasia lagi jika banyak aturan yang diterapkan di pesantren mengenai pola hidup sehat.
 
Pola hidup sehat yang diterapkan di pesantren sudah menjadi kebiasaan yang tak bisa dilupakan. Banyak cerita soal itu yang membekas dalam kenangan para santri yang pernah menjalaninya.
 
Bertepatan dengan Hari Santri Nasional 2019 yang diperingati pada 22 Oktober, Mia Reva Ukhtiana, salah seorang santri di Pesantren Daar El-Qolam 2 menuturkan beberapa kebiasaan penting dalam menjaga kesehatan. Berikut di antaranya:
 
1. Pola Makan Teratur
"Makan teratur (mau ga mau) soalnya buka dapurnya pagi sama sore doang," ujar Mia Reva, Selasa (22/10/19). Menjaga pola makan adalah kebiasaan yang menjadi kebutuhan untuk setiap orang. Terlebih lagi bagi para santri yang memiliki jadwal makan yang ditetntukan oleh pesantren.
 
2. Mandi Sebelum Subuh
Selain menjaga pola makan, kalangan santri juga dianjurkan untuk mandi sebelum subuh. Menurut Tasya Awliya, santri dari Pesantren Riyadlul Jannah, mandi sebelum sholat subuh memiliki beberapa manfaat seperti memperlancar aliran darah, dan salah satu sunnah Nabi Muhammad.
 
3. Puasa Senin-Kamis
Bagi para santri puasa Senin-Kamis sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan. Selain menjalankan ibadah puasa juga dapat menjadikan tubuh lebih sehat. Manfaat puasa salah satunya membersihkan racun (detoksifikasi) dalam tubuh.
 
4. Berolahraga
Menjaga kebugaran jasmani menurut para santri diterapkan dengan rajin berolahraga. Hal ini untuk menjaga fisik tetap sehat meski banyak kegiatan yang dilakukan.
 
Itulah 4 kebiasaan di Pasantren yang dibagikan Mia Reva Ukhtiana bertepatan dengan Hari Santri Nasional 2019. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : health.detik.com
- Dilihat 344 Kali
Berita Terkait

0 Comments