Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 22/10/2019 15:39 WIB

Waspadai Heat Stroke Saat Cuaca Panas

Ilustrasi cuaca panas
Ilustrasi cuaca panas
DAKTA.COM - Belakangan, Indonesia dilanda suhu panas yang cukup tinggi. Di Jakarta sendiri suhu siang ini, Selasa (22/10) mencapai 35 derajat Celcius. Di beberapa wilayah lain pun mencapai 36 derajat Celcius.
 
Sejumlah netizen mengeluhkan cuaca yang sangat panas ini. Tentunya, cuaca terik seperti ini bisa berdampak pada kesehatan, salah satunya heat stroke atau sengatan panas.
 
Dikutip dari Mayo Clinic, heat stroke merupakan kondisi di mana tubuh mengalami perubahan suhu yang sangat cepat, biasanya akibat dari kontak yang terlalu lama atau aktivitas fisik dalam suhu tinggi.
 
Salah satu tanda tubuh mengalami heat stroke di antaranya demam tinggi mencapai 40 derajat Celcius, napas yang semakin cepat, kulit terasa kering ketika disentuh.
 
Tidak jarang heat stroke juga memiliki dampak pada perubahan perilaku dan mental seseorang, seperti munculnya halusinasi, kebingungan, agitasi atau tindakan brutal, ucapan tidak jelas, mudah tersinggung, kejang, hingga koma.
 
Jika ada orang yang mengalami tanda-tanda heat stroke, segera tolong engan membopongnya ke runagan dengan suhu yang lebih sejuk dan beri minum atau bisa mengguyurnya dengan air. Segera hubungi petuas medis agar orang tersebut bisa mendapatkan penanganan yang lebih baik.
 
Jika heat stroke tidak segera diberi penanganan, kondisi ini bisa memengaruhi otak, jantung, ginjal, dan otot. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : health.detik.com
- Dilihat 359 Kali
Berita Terkait

0 Comments