Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 22/10/2019 11:56 WIB

Upaya Pemkot Atasi Pencemaran Kali Bekasi

Bincang Publik bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi
Bincang Publik bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi
BEKASI, DAKTA.COM - Pencemaran di Kali Bekasi tidak bisa terelakkan, akibat aktivitas masyarakat yang abai dengan kelestarian lingkungan di sekitar.
 
Hal itu disayangkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi. Menurutnya, pencemaran ini tidak lain akibat limbah industri dan limbah rumah tangga.
 
"Pencemaran sungai ini sumbernya dari aktivitas masyarakat yang tidak bijaksana dalam menjaga lingkungan dan pelaku usaha yang nakal membuang limbah ke sungai," ungkap Kabid Pengendalian dan Pencemaran Kerusakan Lingkungan, Mas Sriwati dalam Bincang Publik di Radio Dakta, (18/10).
 
Ia mengaku, upaya untuk mengatasi pencemaran Kali Bekasi harus melibatkan seluruh stakeholder yang terkait, karena permasalahannya berasal dari hulu sungai yang berada di Kabupaten Bogor.
 
"Karena pencemaran ini, kami melakukan pengawasan bagi kegiatan usaha dan proyek pembangunan permukiman yang bisa berdampak pada tercemarnya lingkungan," jelasnya.
 
Kasi Kerusakan Lingkungan Bidang PPKLH, Suhendra mengatakan selain melakukan pengawasan terhadap pelaku usaha dan masyarakat, pihaknya juga berkoodinasi dengan Dinas LH Kabupaten Bogor dalam mengatasai pencemaran sungai yang semakin parah ini.
 
"Kami harus berkoordinasi dengan Dinas LH Kabupaten Bogor untuk menelusuri pelaku usaha yang melakukan pencemaran, karena hulunya ada di sana dan Kali Bekasi ada di tenga-tengah," ujarnya.
 
Menurutnya, pihaknya beberapa kali menemukan perusahaan yang nakal membuang limbahnya ke sungai, sepeti perusahaan tekstil dan pabrik tahu.
 
Pihaknya meminta kepada masyarakat dan pelaku usaha agar tidak membuang limbah dan sampah ke sungai karena akan mencemari air yang menjadi sumber kehidupan manusia. **
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 325 Kali
Berita Terkait

0 Comments