Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 30/07/2015 13:49 WIB

Sebanyak 1983 Calon Haji Kota Bekasi 2015 Ikuti Manasik Haji

Calon haji kota Bekasi ikuti manasik haji
Calon haji kota Bekasi ikuti manasik haji

BEKASI_DAKTACOM: Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi menggelar pembukaan manasik haji masal untuk calon jamaah haji Kota Bekasi 2015, Kamis, (30/7) di Aula Arafah, Asrama Haji Jawa Barat-Kota Bekasi. Para calon haji Kota Bekasi saat itu memadati aula Asrama Haji sejak pagi hari untuk mengikuti pembukaan manasik.

Kepala Bagian TU Kantor Kemenag Kota Bekasi, Mujani, menjelaskan di tahun 2015, kuota haji Kota Bekasi sebanyak 1983 calon haji yang berasal dari 12 kecamatan. Dengan terbagi enam kloter, di kloter pertama diisi full oleh jamaah haji asal Kota Bekasi, sisanya campuran dengan calon jamaah dari daerah berbeda.

"Setelah manasik masal kali ini, para calon haji Kota Bekasi akan mengikuti manasik haji di tingkat kecamatan masing-masing dimulai sejak 1-4 Agustus 2015" kata Mujani dalam laporannya.

Lanjut dia, untuk jadwal kedatangan kloter pertama jamaah haji ke asrama haji Jawa Barat-Kota Bekasi dimulai dari tanggal 20 Agustus 2015 dan jadwal keberangkatan ke tanah suci mulai tanggal 3 September 2015.

"Tanggung jawab penyelenggaraan haji ada di bawah Kementerian Agama. Untuk itu kita terus berupaya memberikan pelayanan, pembinaan dan perlindungan sebaik-baiknya kepada calon jamah haji ini. Semoga menjadi haji mabrur," kata Mujani.

Dalam kegiatan manasik haji masal ini para calon haji yang hadir mendapatkan pembekalan mengenai haji dan kebijakan pemerintah mengenai haji serta sosialisasi dari beberapa narasumber mengenai menjaga kesehatan selama beribadah haji.

Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu dalam sambutannya mengatakan harapannya agar melalui manasik ini memberikan pembekalan yang diperlukan para calon jamaah haii sehingga bermanfaat bagi kelancaran ibadah di tanah suci.

Selain itu, atas nama Pemerinta Kota Bekasi, ia menyampaikan agar semua calon haji sebanyak 1983 jamaah semuanya bisa berangkat menunaikan Rukun Islam yang kelima, Ibadah Haji ke tanah suci.

"Manasik kali menjadi pemicu menumbuhkan semangat Calon Haji siap menerima menyambut panggilan Allah SWT.  Persiapkan segala sesuatunya, fisik dan materi serta pemahaman yang baik tentang posesi ibadah haji," kata Ahmad Syaikhu.

"1983 jamaah calon haji tahun ini beruntung bisa berangkat ke Tanah Suci. Dan kami harap semua bisa berangkat dan pulang menjadi haji Mabrur," ucap Ahmad Syaikhu.

Lanjut dia, kesempatan yan diperoleh untuk menunaikan haji tahun ini menurutnya menjadi kebahagian para jamaah sebab waiting list ibadah haji Kota Bekasi sekitar 13 tahun. Untuk itu Pemkot Bekasi juga akan mengusahakan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menambah kuota Haji asal Kota Bekasi.

"Kita sedang usahakan ke pemerintah Provinsi Jawa Barat kaitan kuota haji bisa dipertimbangkan ditambah. Sehingga memungkinkan pergeseran bisa lebih cepat.  Jadi 7 tahun atau 5 tahun saja," katanya.

Ia pun menyampaikan proses haji tahun 2015, pemerintah kota Bekasi telah menganggarkan bantuan berupa bebas biaya membayar porter, pembawa barang calon haji.

"Tahun ini telah dianggarkan bantuan dana untuk haji. Tinggal proses pencairannya saja agar cepat bisa dimanfaatkan," kata Ahmad Syaikhu. (goeng)

Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
Sumber : Humas Pemkot Bekasi
- Dilihat 4277 Kali
Berita Terkait

0 Comments