Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 16/10/2019 09:58 WIB

Dinas Bina Marga Pastikan Trotoar Tak Dikuasai PKL Liar

Trotoar di salah satu wilayah Jakarta
Trotoar di salah satu wilayah Jakarta
JAKARTA, DAKTA.COM - Kadis Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho memastikan trotoar yang telah ditata oleh mereka tidak akan dikuasai oleh para pedagang kaki lima (PKL) liar. 
 
"Nanti lagi dihitung sama Dinas UKM, yang boleh berjualan disitu jenis apa saja, akan dikelompokkan dulu modelnya seperti apa. Jadi tidak boleh ada PKL liar disana," ungkap Hari di Balai Kota, Rabu (16/10). 
 
Hari menyatakan, mereka masih berdiskusi dengan Dinas UKM DKI Jakarta mengenai apa saja syarat dan konsep penyediaan tempat bagi para PKL tersebut agar tetap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. 
 
"Itu binaan Dinas UKM semua, akan dibuat konsep desain modelnya apakah nanti dorongan atau pick-up. Setelah itu mereka nanti didorong agar masuk ke kantin perkantoran atau mal," imbuhnya. 
 
Namun Hari menegaskan, konsep tempat yang mereka berikan tidak bersifat permanen sehingga mengganggu aktivitas para pejalan kaki di trotoar tersebut.
 
"Jadi nanti pagi khusus makanan pagi nih, nanti siang ya ganti lagi, beda lagi orangnya. Jadi semacam kayak shift-shiftan gitu lah, nanti diatur sama Dinas UKM," tutupnya. 
 
Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan sejumlah capaian mereka selama dua tahun memimpin ibu kota. Salah satu program prioritas mereka adalah penataan trotoar yang lebih modern dan ramah bagi para pejalan kaki. 
 
Selama dua tahun, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan revitalisasi trotoar sepanjang 134 km dimana salah satunya berada di kawasan Salemba. 
 
Di titik tersebut, rencananya Dinas Bina Marga akan membuat konsep trotoar dengan menyediakan tempat kuliner modern seperti yang sudah ada di kawasan Kramat Raya dengan melibatkan pedagang binaan Dinas UKM. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 967 Kali
Berita Terkait

0 Comments